arrow_upward

Program SEMATA Wako Padang Hendri Septa Ditutup dengan Membantu Keluarga Yoni

Minggu, 16 April 2023 : 10.44
Wako Hendri Septa meninjau keadaan rumah Yoni, yang akan dibedah menjadi layak huni dalam program SEMATA. (humas).

Padang, Analisakini.id-Program Semalam di Rumah Walikota (SEMATA) di Ramadhan 1444 H/2023 akhirnya ditutup dan diakhiri dengan membantu keluarga Yoni Metri (43) dan Putri Anriyani (28).

Pasangan keluarga kurang mampu tersebut tinggal di rumah tak layak huni bersama tiga orang buah hatinya di kawasan Pantai Air Manis, Kecamatan Padang Selatan.

"Alhamdulillah wa syukurillah, atas nama pribadi, Pemerintah Kota Padang dan juga warga Kota Padang saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas terlaksananya secara baik dan sukses program SEMATA di Ramadan tahun ini. Program ini memasuki jilid tiga di masa kepemimpinan saya sejak menjabat Walikota," ungkap Walikota sewaktu menjemput keluarga Yoni Metri dan Putri Anriyani, Jumat (14/4) sore.

Walikota Padang menjelaskan, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, pada program SEMATA di Ramadhan tahun ini telah membantu 11 keluarga dari 11 kecamatan yang ada di Padang.

"Satu kecamatan satu keluarga yang kita bantu," sebut Walikota.

Ia menambahkan, tak hanya membedah rumah tak layak huni yang didukung oleh Baznas Padang, keluarga yang terpilih mendapatkan program tersebut juga diboyong untuk menginap seharian di kediawmannya. Mereka pun diajak berbuka puasa hingga esoknya makan sahur dengan Wali Kota beserta istri dan keluarga. 

"Sebelum menuju rumah dinas mereka juga kita bawa ke salah satu pusat perbelanjaan di Padang. Alhamdulillah, mereka kita belikan baju, celana dan sepatu. Mereka sangat bahagia. Jadi inilah tujuan kita melakukan program SEMATA ini sebenarnya, membahagiakan warga kita yang membutuhkan bantuan," tukas Hendri Septa.

Saat ditemui awak media di sela penjemputan, Yoni Metri didampingi sang istri Putri Anriyani mengaku dulu sempat pasrah pada jalan kehidupannya. Untuk makan sehari-hari saja mereka bersama anak-anak sangat susah, tinggal pun di rumah yang jauh dari layak huni.

"Ketika hujan tiba atap rumah kita yang begitu banyak bocor tak mampu menahan air hujan sehingga rumah kita banyak kebasahan. Lantai rumah hanya dari papan bahkan di bagian dapur masih beralaskan tanah," ungkapnya.

"Alhamdulillah kami tak menyangka bisa mendapatkan bantuan program SEMATA ini. Terima kasih banyak pak Wali, Baznas Kota Padang dan bapak ibu semua yang membantu kami. Semoga semuanya dibalasi pahala berlipat ganda dari Allah SWT," ucapnya.

Terkait kondisinya, Yoni membeberkan sehari-hari bekerja serabutan. Kadang jadi kuli pekerja bangunan dan sesekali ikut melaut.

"Pendapatan yang saya terima hanya buat lepas makan saja. Istri saya jualan sate, kadang jual beli tidak begitulah," ungkapnya lagi.

Dalam kesempatan tersebut juga hadir Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi beserta sejumlah pimpinan OPD terkait di lingkup Pemko Padang, Plh Camat Padang Selatan Tarmizi Ismail  bersama Lurah se-Kecamatan setempat.

Selain itu juga terlihat Ketua Baznas Padang Yuspardi bersama para Wakil Ketua dan elemen terkait lainnya.

Seperti biasa, setiba di Palanta Rumah Dinas Walikota keluarga yang mendapatkan bantuan program SEMATA itu disambut hangat oleh Ketua TP-PKK Padang Ny. Genny Hendri Septa. (do)



Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved