arrow_upward

Nevi Zuairina Minta BUMN Transportasi Siap Hadapi Arus Pergerakan Pemudik

Kamis, 06 April 2023 : 23.00

 

Hj. Nevi Zuairina.

Jakarta, Analisakini.id-Anggota Komisi VI DPR, Hj. Nevi Zuairina,  pada saat Rapat Dengar Pendapat dengan direksi BUMN Transportasi yang dihadiri Dirut Garuda, Dirut PT ASDP, Dirut PT Kereta Api, Dirut Citilink, Dirut PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) dan Dirut Perum Damri menyampaikan agar kesiapan menghadapi arus pemudik mesti benar-benar dilakukan.

Nevi menyampaikan, mudik Idul Fitri 2023 ini perlu diantisipasi dan diperhitungkan lebih matang, karena masyarakat Indonesia setelah beberapa tahun diterpa pandemi, semakin "haus" akan traveling dan healing, untuk menghilangkan kejenuhan selama ini.  Data yang ia terima, prediksi pemudik tahun ini dapat mencapai 123 juta orang.

"Momen Idul Fitri akan dimanfaatkan untuk traveling, sehingga pemerintah perlu mengantisipasi lonjakan mobilitas masyarakat, baik pemudik, wisatawan, maupun yang bersilaturahmi dalam rangka Idul Fitri," tutur Nevi.

Legislator asal Sumbar II ini mengingatkan, pada liburan Tahun Baru 2023 kemarin saja, pergerakan mobilitas masyarakat diprediksi sebanyak 22,4% dari jumlah penduduk Indonesia atau setara 60,6 juta orang. Dari sejumlah angka tersebut,  diantaranya sekitar 12,3% atau 7,5 juta orang berdomisili di Jabodetabek.

"Saya berharap, tidak ada lagi kekacauan yang terjadi di semua titik kritis penumpang seperti di pelabuhan penyeberangan kapal laut, di Bandara, di terminal-terminal atau rest area jalan tol," tegas politisi PKS ini.

Aktivis perempuan PKS ini juga menyebutkan, akan pentingnya pelayanan pada penumpang kereta api, dimana moda transportasi ini mestinya dapat menjadi transportasi publik yang paling aman dan nyaman serta masal.

Nevi menegaskan, jangan sampai sistem pelayanan tiket kereta apii menimbulkan kekacauan di stasiun pemberangkatan maupun kedatangan. 

"Manfaatkan secara maksimal teknologi digital, tapi tetap harus ada manual karena banyak masyarakat yang belum familiar dengan pemesanan secara online," tambahnya.

Untuk pemudik yang menggunakan moda transportasi pribadi, Nevi meminta Jasa Marga menyiapkan strategi dalam menghadapi Idul Fitri 2023, misalnya terkait rekayasa lalu lintas atas diskresi Kepolisian untuk mengatasi kepadatan di lokasi yang menjadi perhatian khusus yaitu Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

"Saya minta Jasa Marga juga dapat memperhatikan Bisnis UMKM di Rest Area. PT Jasa Marga perlu menata dan mengelola rest area Supaya terjadi kenyamanan dan keamanan serta menguntungkan UMKM yang ada di rest area tersebut," tutup Nevi Zuairina. (*/ef)






 


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved