arrow_upward

Inilah Profil Muhammad Irsyad yang Bawa Bank Nagari Berkelas

Rabu, 12 April 2023 : 23.40
Muhammad Irsyad.

Padang, Analisakini.id-Sepintas dan baru kenal, orang tak percaya dia seorang pejabat kelas utama. Maklum tampilan biasa, tidak eksklusif, merakyat dan "palapau". Padahal jabatan yang disandangnya adalah orang nomor satu di Bank Nagari. Menjadi Direktur Utama. Dialah Muhammad Irsyad.

Pria asal Pariaman kelahiran Padang pada 8 Agustus 1963 ini adalah profesional perbankan. Meniti karir dari bawah di Bank Nagari sebelum mencapai posisi puncak sebagai Direktur Utama di bank plat merah milik Pemprov Sumbar dan Pemkab/kota se-Sumbar itu.

Tamat kuliah di Pertanian Unand pada 1988, tidaklah menjadi halangan bagi Jack, sapaan akrab Muhammad Irsyad untuk memasuki dunia perbankan. Dia diterima di bank plat merah ini pada tahun 1989. Setelah diterima, dia justru menjawab dengan serius belajar, rajin bertanya dan giat bekerja dalam melakoni tugas sebagai karyawan Bank Nagari.

Profesional dalam bekerja mengantarkan Jack menjadi Kepala BPD Cabang Koto Baru pada 2004. Lalu di Pariaman, Solok hingga pada 2008 ditarik ke kantor pusat sebagai Wakil Pimpinan Cabang Utama.

Karir gitaris handal dan jago nyanyi ini pun terus menanjak. Pada 2010 menjadi Wakil Pemimpin Divisi Kredit dan Mikro Banking lalu Kepala Divisi Penyelamatan Kredit. Selanjutnya menjadi Pemimpin Divisi Umum pada tahun 2012 dan Pemimpin Divisi Kredit dan Mikro Banking pada tahun 2014.

Sebelum diangkat menjadi Direktur Utama pada Rapat Umum Pemegang Saham - Luar Biasa (RUPS-LB) PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat, Kamis (13/8/2020), Jack menjabat sebagai Direktur Keuangan periode 2016-2020.

Selama memimpin Bank Nagari, dia sukses membawa bank ini lebih baik. Laba menanjak, kredit tumbuh dan variasi yang dibeli banyak juga. Semua untuk memudahkan dan memanjakan klien.

Bahkan saat pandemi Covid-19 melanda dunia, termasuk Sumbar, Bank Nagari termasuk mampu beradaptasi. Era digital digencarkan dan terus melahirkan inovasi. Hanya satu tekad, kehadiran Bank Nagari untuk memberikan dampak positif kepada daerah dan masyarakatnya. Perekonomian berputar, UMKM hidup dan bersemangat. 

Wajar juga jika, Bank Nagari cukup banyak meraih penghargaan karena kinerja yang memuaskan dan terukur itu. Bisa dicapai tak terlepas dari sosok kepemimpinan seorang Muhammad Irsyad.

"Bank adalah soal kepercayaan. Maka itu yang harus dijaga dan dipelihara. Bagusnya kinerja Bank Nagari berkat peran semuanya. Gubernur, DPRD Sumbar, Bupati/Walikota se-Sumbar, kerja tim Bank Nagari dan para nasabah," kata Irsyad yang saat kuliah di Pertanian Unand juga hobi mendaki gunung. (effendi)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved