arrow_upward

Festival Marandang Warnai Kemeriahan Festival Muaro Padang

Rabu, 26 April 2023 : 17.27
Walikota Hendri Septa ikut marandang dalam Festival Marandang dalam rangka meriahkan Festival Muaro Padang. (humas).

Padang, Analisakini.id-Memasuki hari kedua pelaksanaan Festival Muaro Padang, Selasa (25/4), Festival Marandang (memasak rendang) ikut memeriahkan event yang dipusatkan di kawasan Jl. Batang Arau selama 24-27 April 2023 itu.

Walikota Padang Hendri Septa pun mengapresiasi festival yang diikuti para pelaku usaha rendang, serta para generasi muda yang disebut 'Rang Mudo' dan Puti Bungsu' dari seluruh kecamatan tersebut.

Masing-masing peserta pun tampak saling memperlihatkan keterampilan dalam memasak kuliner khas ranah Minang itu.

"Kita tentu berharap, warga Minangkabau khususnya para generasi muda senantiasa menghargai warisan leluhur salah satunya marandang ini," ungkap Walikota sewaktu meninjau masing-masing stand peserta Festival Marandang, Selasa (25/4/2023) siang.

Dalam kesempatan itu hadir mendampingi Walikota Padang di antaranya Sekdako Padang Andree Algamar bersama para Asisten, para pimpinan OPD dan Camat se-Kota Padang. 

Selain itu juga terlihat Kapolresta Padang Kombes Pol Ferry Harahap serta Ketua Dekranasda Padang Ny. Genny Hendri Septa dan unsur terkait lainnya.

"Festival Marandang sengaja kita gelar dalam rangkaian Festival Muaro Padang. Alasannya adalah memiliki makna dan hikmah yang penting bagi kita semua. Terutama masyarakat, khususnya perantau yang dapat menyaksikan proses memasak randang secara langsung," sambung Wako menambahkan.

Selanjutnya Wako Padang itu juga membeberkan, Festival Muaro Padang dipersembahkan Pemko Padang untuk warga Kota Padang atau para pemudik dan wisatawan yang berada di Padang semasa libur lebaran.

"Sejumlah event menarik Alhamdulillah kita sajikan dalam festival Muaro Padang ini. Hari pertama, Senin (24/4) selain pembukaan kegiatan ada Fashion Karnaval, Pekan Ekonomi Kreatif serta Festival Bonsai, Hiburan dan kesenian tradisional serta penyediaan Perahu Hias gratis bagi yang ingin menikmati keindahan Sungai Batang Arau," katanya.

Sementara hari kedua saat ini ada Festival Marandang di samping tetap menggelar hiburan band acoustic dan kesenian tradisional. Esoknya Rabu, (26/4) akan ada event yang tak kalah menariknya yaitu Festival Selaju Sampan disertai Festival Bakcang Ayam dan Lamang Baluo disamping kembali menggelar Pekan Ekonomi Kreatif, Festival Bonsai, Hiburan musik dan kesenian tradisional serta penyediaan Perahu Hias.

"Alhamdulillah, pada Kamis (27/4) event Festival Muaro Padang akan resmi kita tutup. Pada hari itu kita juga akan menggelar Fashion Selaju Sampan serta tetap menggelar Pekan Ekonomi Kreatif, Festival Bonsai, Hiburan dan kesenian tradisional serta penyediaan Perahu Hias," tukas pemimpin Kota Padang itu bersemangat.

Lebih jauh orang nomor satu di Padang berharap melalui Festival Muaro Padang dapat membangkitkan kembali perekonomian masyarakat pasca pandemi Covid-19, begitu pula di sektor perhotelan, restoran, jasa dan lainnya.

"Alhamdulillah sesuai prediksi 2 juta perantau dan wisatawan telah datang ke Kota Padang pada libur lebaran tahun ini. Semoga akan terjadi perputaran uang yang luar biasa, ditaksir mencapai puluhan miliar," pungkas sang Wako milenial itu bersemangat. (do)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved