arrow_upward

BBM Kritis Hebat di Mentawai, H-5 Lebaran, Jerry Z : Tolong Kami Pak Andre Rosiade

Selasa, 18 April 2023 : 04.37

 

Antre di SPBU Mentawai.

Padang, Analisakini.id-Kondisi berebut BBM di seberang pulau Sumatera tepatnya di Kepulauan Mentawai, semakin mendekat lebaran semakin parah kritisnya. 

"Kalau tepatnya kami sudah kritis  BBM akut parah ini pada akhir Maret hingga kini," ujar Jerry Zembua. kepada media di Padang Senin (17/4/2023).

Bahkan Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumbar Khadafi Azwar mendengar kabar Mentawai Kritis Parah BBM, langsung melakukan tracking permasalahan. 

"BBM kritis parah itu di Mentawai sudah lumrah di kabupaten Kepulauan Mentawai. Selama ini soal BBM ini kapan Mentawai itu merdeka bung," ujar Khadafi Azwar.

Menurut Khadafi BBM krisis akut itu dipicu kompleksitas masalah mulai tata kelola dan penyaluran. 

"Bisa saja karena daerah jauh ada permainan oknum Patra Niaga dengan pemilik transportir, juga tidak profesional pengelolaan angkutan dan distribusi oleh PT Patra Niaga, bisa saja semua itu jadi sengkarut, BBM,"ujar Khadafi. 

Bantu lah Mentawai, mereka saudara se provinsi dan sebangsa kini stock BBM hanya 2000 liter di Siberut, diperkirakan habis hari ini. 

"Pak Andre Rosiade yang kami kenal ganas membela pedih rakyat bantu pak, Mentawai kritis akut BBM ulah dugaan kongkalingkong oknum mungkin, pak Andre," ujar Jerry mohon Politisi Partai Gerindra. 

BBM dari pantauan media sudah kritis sejak awal April 2023. Para pengusaha SPBU kompak lapor ke PT patra Niaga. 

"Tapi tetap saja belum direspon, bahkan infonya pihak kapal yang drop BBM ke Mentawai ogah-ogahan antarkan BBM untuk rakyat di Kepulauan ini, seperti Tuapejat, Siberut, Sikabaluan dan Sioban," ujar Khadafi mendapatkan informasi dari pengusaha BBM di Mentawai sana.

Selain itu ada permainan jatah BBM Mentawai dialihkan ke Pulau Nias. 

"Hasil investigasi mereka (pengusaha migas mentawai,red) di lapangan dugaan antara oknum Patra Niaga dengan pemilik kapal. transportir lebih mengutamakan BBM Pulau Tello Nias," ujar Khadafi. 

Khadafi mendesak berbagai pihak untuk melakukan emergency respon terhadap kritis BBM Mentawai. 

"Siberut itu mayoritas Islam yang siap-siap rayakan lebaran BBM. kosong, ya batal perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1444 H. 

Juga pada lebaran tradisi Siberut warganya mandi ke pulau gunakan speed boat butuh BMM. 

"Infonya juga pada lebaran ini  Menparekraf Sandiaga Uno akan kunjungi Mentawai,"ujar Jerry.(**/ef)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved