arrow_upward

10.483 Pendaftar, UNAND Selenggarakan UTBK SNBT Satu Gelombang

Selasa, 25 April 2023 : 15.54

 

Rektor UNAND Prof. Yuliandri memberikan keterangan pers. (ist)

Padang, Analisakini.id-Sebanyak 10.483 peserta memilih melakukan ujian di pusat Ujian Tulis Berdasarkan Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) Universitas Andalas (UNAND).

Dari jumlah itu, Universitas Andalas hanya melakukan UTBK SNBT satu gelombang yakni dari tanggal 8 – 14 Mei 2023, sedangkan pengumuman hasil seleksi jalur SNBT dijadwalkan pada 20 Juni 2023.

Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof. Mansyurdin mengungkapkan pihaknya menyediakan 17 lokasi ujian di Kampus Limau Manis dengan 16 penanggung jawab lokasi.

“Untuk lokasi ini, nantinya peserta akan lebih dimudahkan dengan adanya scan QR Code (google map) serta juga akan ada pemandu dari Menwa, Pramuka dan juga Satpam Universitas Andalas,” ujarnya saat Konferensi Pers bersama media pada Selasa (18/4/2023) di Ruang Senat Lantai IV Gedung Rektorat.

Terkait bidang kesehatan Prof. Mansyur mengikuti Protokol Kesehatan (Prokes) sesuai standar sekarang. “Peserta wajib memakai masker tetapi kalaupun luput, panitia juga akan menyediakan masker cadangan di lokasi ujian,” sambungnya.

Da mengatakan untuk kesiapan Personal Computer (PC) dan jaringan, Universitas Andalas menyediakan jumlah PC laik sebanyak 1.255 unit dan ditambah dengan 125 cadangan serta kerja sama dengan Telkom.

"Untuk Sumatera Barat sendiri terdapat tiga lokasi pusat UTBK SNBT yakni Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang (UNP), dan Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang," sambungnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri Sistem seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun 2023 diselenggarakan oleh Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Disampaikannya berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, terdapat 3 (tiga) jalur masuk, yaitu jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan jalur Seleksi Mandiri.

“SNBP dan SNBT sepenuhnya dipersiapkan oleh Tim SNPMB, sedangkan jalur Seleksi Mandiri dikelola sepenuhnya oleh PTN masing-masing,” tambahnya.

Untuk SNBP pengumuman hasilnya sudah diumumkan pada 28 Maret lalu, melalui laman snbp.unand.ac.id atau https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

Selanjutnya, siswa yang telah lulus SNBP 2023, seperti halnya siswa yang telah lulus SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 2021 dan 2022, tidak diperbolehkan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2023.

Senada dengan itu, Direktur Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Andalas Dr. dr. Nur Afrainin Syah mengatakan Peserta SNBT harus mengikuti UTBK yang diselenggarakan Pusat UTBK PTN.

“Peserta hanya diperbolehkan mengikuti UTBK sebanyak satu kali, calon peserta yang dapat mengikuti SNBT 2023 adalah siswa lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023 yang hasilnya hanya berlaku untuk mendaftar SNBT 2023,” ungkapnya.(*/wy)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved