arrow_upward

Nevi Zuairina Tegaskan Jadilah Pemimpin Berkarakter

Rabu, 08 Maret 2023 : 18.58

 

Hj. Nevi Zuairina.

Padang, Analisakini.id-Anggota DPR asal Sumatera Barat II, Hj. Nevi Zuairina, menegaskan jadilah pemimpin berkarakter. Yaitu pemimpin yang mampu memberikan arahan, mengendalikan dan memberdayakan suatu sistem yang akan dibuat demi mencapai tujuan yang diinginkan. Unsur-unsur karakter pemimpin antara lain meliputi sikap, kemauan, kebiasaan, kepercayaan dan emosi.

Nevi mengilustrasikan, dalam setiap  kegiatan dan aktivitas masyarakat, sering ditemui  orang orang yang menjadi panutan, menjadi tempat bertanya, yang mengarahkan dan menggerakkan kegiatan-kegiatan di dalam masyarakat baik itu kegiatan komunitas, kemasyarakatan, dan pendidikan. 

“Ada orang yang begitu cekatan, dan dapat terlihat di saat-saat terjadi keadaan yang tidak diharapkan dan membutuhkan pengambil keputusan taktis. Mereka yang memang sudah  terlatih menjadi pemimpin, akan bergerak dengan lincah menggerakkan  sekelompok orang untuk segera bergerak mencari solusi, tanpa perlu menunggu ada  prosedur, ataupun pengarahan dari atasannya”, ungkap Nevi pada sambutan pelatihan kepemimpinan yang digelar oleh Asosiasi Perempuan Penggerak Pendidikan Islam (ASPERPI) Pasaman Barat.

Politisi PKS ini menegaskan, karakter yang begitu kuat, akan memunculkan keberanian  mengambil risiko yang terukur. Keyakinan terhadap pekerjaan yang dilakukan membuat team yang dipimpinnya merasakan artinya memiliki pemimpin di sekitar mereka.  

“Merekalah  yang disebut  pemimpin berkarakter,” sebut Nevi.

Legislator yang kini bertempat di Komisi VI DPR RI ini mengungkapkan, akan kebutuhan dari setiap pendidik, yakni sifat  cekatan, luas wawasan, cepat tanggap, tahan banting, dan kreatif. 

Menurutnya pemimpin yang memiliki karakter ini bukanlah hasil instant, tetapi ditempa dari kemauan keras dan proses pembelajaran yang  bersifat terus menerus. 

“Setiap pemimpin dari kita, mesti  mampu memberikan rasa aman dan nyaman sehingga orang yang dipimpinnya berani untuk melemparkan gagasan atau masukan untuk  perbaikan di Organisasi. Semoga karakter-karakter pemimpin itu melekat pada kita semua,” tutup Nevi Zuairina. (tt)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved