arrow_upward

Harneli Mahyeldi Sebut Perempuan adalah Kunci Sukses Sebuah Keluarga

Kamis, 02 Maret 2023 : 19.23

Ketua TP PKK Sumbar Harneli Bahar Mahyeldi memberikan sambutan. (ist).

Sawahlunto, Analisakini.id-
Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sumatera Barat (Prov. Sumbar), Harneli Mahyeldi menyampaikan peranan perempuan merupakan kunci kesuksesan dalam sebuah keluarga, karena itu mereka perlu memiliki wawasan yang luas, agar upaya untuk mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera dapat terwujud di Sumbar.

Mendukung hal tersebut, TP PKK mendorong optimalisasi peran dari setiap kelompok dasawisma yang tersebar diseluruh kabupaten/ kota untuk terus bergerak mengedukasi kaum perempuan melalui 10 Program Pokok PKK.

"Diharapkan melalui peran kelompok dasawisma dalam mensosialisasikan 10 Program PKK, perempuan Sumbar menjadi lebih berwawasan, kreatif dan terampil untuk menciptakan keluarga-keluarga yang sehat dan sejahtera," ujar Harneli Mahyeldi pada saat acara Pencanangan Bulan Bakti Dasawisma ke VII Tingkat Provinsi, di Lapangan Segitiga PT. Bukit Asam Tbk, Sawahlunto Rabu (1/3/2023).

Ia meyakini, kaum perempuan sebenarnya memiliki potensi untuk bisa berperan lebih dalam sebuah keluarga, tidak hanya menjadi sosok ibu tetapi juga dapat membantu pendapatan keluarga, itulah yang harus disampaikan kelompok dasawisma kepada masyarakat.

"Pemahaman akan berbagai potensi sosok perempuan dalam keluarga, perlu menjadi bagian  dari materi kelompok dasawisma saat mengedukasi masyarakat," imbuh Harneli Mahyeldi yang akrab disapa Umi.

Dalam kesempatan tersebut, TP PKK Provinsi juga melakukan penilaian terhadap kinerja kelompok dasawisma se Sumbar.

Adapun kelompok dasawisma untuk kategori kabupaten yang berhasil meraih juara I adalah Dasawisma Bawang Merah, Nagari Padang Tarok, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, juara II dari Kabupaten Solok Selatan, juara III dari Kabupaten Tanah Datar, harapan I dari Kabupaten Darmasraya, harapan II dari Kabupaten 50 Kota dan harapan III dari Kabupaten Pasaman.

Sedangkan untuk kategori kota, juara I dasawisma dari Kota Padang Panjang, juara II dari Kota Bukittinggi, juara III dari Kota Sawahlunto, harapan I dari Kota Padang, dan harapan II dari Kota Pariaman.

Selain itu, Ketua TP PKK Prov Sumbar juga memberikan penghargaan kepada penggerak SILO (Sekolah Istri Teladan Sawahlunto).

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Sumatera Barat hadir diwakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sumbar Amasrul.

Pada saat membacakan sambutan Gubernur, Amasrul menyampaikan Pemprov. Sumbar menyambut positif kegiatan yang digagas PKK ini, karena dalam upaya mensejahterakan masyarakat, Pemprov Sumbar membutuhkan dukungan dari berbagai pihak salah satunya dari PKK melalui kelompok dasawisma.

"Kami yakin, jika 10 Program Pokok PKK, dapat betul-betul dipahami. Keluarga sehat dan sejahtera tidak akan sulit diwujudkan di Sumatera Barat," sebut Amasrul.

Selanjutnya, ia menuturkan TP PKK provinsi dan kabupaten/kota menjadi harapan dari Pemerintah Daerah untuk mensukseskan berbagai program pembangunan di Sumatera Barat.

"Kelompok dasawisma adalah ujung tombak dari gerakan PKK, mereka berada lansung ditengah masyarakat. Kita yakin, PKK bisa membantu Pemerintah Daerah dalam mengatasi berbagai persoalan," harapnya.

Juga tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Walikota Sawahlunto, Deri Asta, Ketua beserta anggota TP PKK se-Sumatera Barat serta seluruh tokoh masyarakat Kota Sawahlunto. (*/ef)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved