arrow_upward

DI SUMBAR RP3,1 TRILIUN, BI Siapkan Rp195 Triliun untuk Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H

Kamis, 23 Maret 2023 : 17.24

 


Padang, Analisakini.id-Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) menyiapkan uang tunai Rp3.116.695.000.000 atau turun sebesar 20,9% dari proyeksi tahun lalu, untuk kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri 2023. 

Sementara secara nasional BI menyiapkan uang tunai Rp195 Triliun, dimana terdapat peningkatan sebanyak 8,2% dari tahun lalu sebesar Rp180 Triliun. 

Selama Ramadhan 2023, BI Sumbar akan melakukan layanan kas keliling bersama dalam kota sebanyak 20 kali (waktu tentative) dan penukaran bersama bank dalam kota di BI Muaro sebanyak 4 kali. Khusus untuk layanan penukaran di kas keliling, masyarakat diharapkan dapat memesan penukaran terlebih dahulu melalui aplikasi BI PINTAR.

BI juga melakukan layanan kas keliling dan edukasi Cinta, Bangga dan Paham Rupiah di luar kota dengan berkolaborasi dan bersinergi bersama bank di luar Kota Padang yang berlokasi di 8 (delapan) titik lokasi. Kolaborasi layanan penukaran kepada masyarakat selama bulan Ramadan ini dilaksanakan di 156 titik kantor cabang bank di 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat. 

"Layanan kas dilaksanakan setiap hari termasuk hari libur dengan target jumlah penukar sebanyak 500 (lima ratus) orang per hari," kata Kepala Perwakilan BI Sumbar, Endang Kurnia Saputra, di sela-sela acara Kick Off Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2023, di BI Sumbar, Rabu (22/3/2023).

Ia mengatakan, rangkaian kegiatan SERAMBI 2023 telah diluncurkan secara nasional oleh Deputi Gubernur Aida S. Budiman di BI pada hari Senin (20/3). Dalam kesempatan tersebut, Deputi Gubernur Aida S. Budiman menyampaikan tiga framework BI dalam melakukan pengelolaan uang rupiah yang dioptimalkan menjelang hari raya.

"Pertama ketersediaan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya, kedua sistem distribusi uang yang efisien dengan layanan kas prima dan ketiga adanya infrastruktur," tambahnya. 

Selanjutnya, ia menyampaikan ajakan kepada masyarakat untuk “Cinta, Bangga dan Paham Rupiah” dengan pengimplementasian Cinta dalam merawat uang rupiah, Bangga dengan menggunakan uang rupiah dan Paham dengan menggunakan uang rupiah secara bijak. 

"Ajakan tersebut selaras dengan tema Ramadhan dan Idul Fitri yang diusung tahun ini yakni “Serambi Rupiah Ramadan: Belanja Bijak”, ungkapnya.(do)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved