arrow_upward

Sempurnakan Ranperda Tanah Ulayat, Komisi I DPRD Sumbar RDP bersama MUI dan LKAAM

Kamis, 23 Februari 2023 : 08.53

 

Komisi I DPRD Sumbar RDP dengan MUI dan LKAAM Sumbar terkait ranperda Tanah Ulayat. (ist).

Padang, Analisakini.id-Komisi I DPRD Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) Rapat Dengar Pendapat (RDP) untuk menyempurnakan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Tanah Ulayat, Rabu (22/2/2023). 

Dalam RDP yang melibatkan MUI dan LKAAM Sumbar tersebut terungkap, penekanan Ranperda Tanah Ulayat lebih fokus untuk menyelamatkan lahan ulayat nagari yang tinggal 8,4 persen di 19 kabupaten/kota.

"Tanah Ulayat Nagari di Sumbar hanya tinggal 8,4 persen. Dari dasar itu, Komisi I DPRD Sumbar menginisiasi ranperda ini untuk mengamankan ulayat yang ada," katanya ketua tim pembahas Desrio Putra, pada RDP tersebut di ruang khusus I DPRD Sumbar. 

Dia menyebutkan, Ranperda Tanah Ulayat lebih memprioritaskan ulayat wilayah nagari, tidak menyangkut ulayat kaum atau suku. Hal itu karena penerapan hak atas tanah ulayat kaum atau suku  berbeda-beda sesuai dengan adat daerah masing-masing.

"Untuk sekarang ketika tanah ulayat nagari dikerjasamakan dan telah habis masa  Hak Guna Usaha (HGU) nya, peraturan perundang-undangan menyatakan, tanah itu kembali ke negara. Kondisi itu menjadi perhatian bersama, harusnya dikembalikan lagi kepada ulayat wilayah nagari," katanya. 

Dia mengatakan Komisi I DPRD Sumbar menginginkan HGU mesti diukur kembali, di sisi lain Ranperda Tanah Ulayat juga memperjelas perjanjian inti plasma dengan memenuhi hak masyarakat adat, namun terkait kerjasama itu keputusannya bermacam-macam, sesuai dengan kesepakatan yang dibuat masyarakat adat dengan pihak ketiga. terkait isi kesepakatan pemerintah provinsi tidak bisa masuk dalam ranah itu.

"Kunci dari Ranperda ini adalah untuk melindungi hak masyarakat dalam ulayat nagari, sehingga berdampak positif terhadap ekonomi dan kesejahteraan, " katanya.

Dia menambahkan, dalam pembahasan Ranperda tanah ulayat komisi I DPRD Sumbar tidak terburu- buru karena masih banyak masuk-masukan yang dihimpun. 

Sementara itu Ketua MUI Sumbar Buya Gusrizal Gazahar mengatakan, pembahasan yang tidak terburu-buru untuk melahirkan Ranperda Tanah Ulayat harus menjadi komitmen. Persoalan tanah ulayat merupakan hal yang menyangkut hajat orang banyak. Jika berbicara Minangkabau, ketika tanah ulayat habis maka tidak ada lagi Minangkabau. 

"Karena ini menyangkut anak dan kemenakan, maka gagasan para ulama perlu menjadi penyempurna Ranperda ini," katanya.

Dia mengatakan, MUI secara kelembagaan akan mempelajari Ranperda ini dan akan memberikan gagasan nantinya, sehingga bisa menjadi pertimbangan dari Komisi I DPRD Sumbar. Ulama harus diberikan ruang untuk ini.

Sementara itu tim ahli Ranperda Tanah Ulayat Kurnia Warman mengatakan penelitian yang dilakukan pemerintah pusat khusus terkait dengan tanah ulayat menemukan, setiap tahun lahan adat ini menghilang ditelan masa. Salah satu penyebab hilangnya adalah dikerjasamakan dengan pihak ketiga. 

Penyebab lainya adalah, karena tidak adanya dasar administrasi daro pengakuan tanah ulayat yang diatur oleh pemerintah, selama ini klaim atas tanah ulayat hanya sebatas deklaratif tidak administrasi, sehingga sulit untuk dikembalikan. Pemerintah pusat menyadari bahwa pengakuan terhadap tanah ulayat tidak cukup hanya dengan deklaratif tapi harus diadministrasikan.

"Jika telah di administrasi kan, tanah itu akan bisa dikembalikan kepada pemegang hak ulayat nagari, jadi Ranperda ini akan memberikan akses pendaftaran secara administrasi pada pemerintah pusat, " katanya.(*/ef)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved