arrow_upward

KOMISI V DPRD SUMBAR MEMUJI, BKIM Sumbar Luncurkan Layanan Operasi Katarak Usai Vakum 16 Bulan

Rabu, 22 Februari 2023 : 17.51
Dua Anggota Komisi V DPRD Sumbar Hidayat dan Gustami Hidayat bersama Kepala BKIM Sumbar Afando Ekardo dan jajarannya. (dedi).

Padang, Analisakini.id-Setelah vakum selama 16 bulan, Balai Kesehatan Indra Masyarakat (BKIM) Dinas Kesehatan Sumbar kembali meluncurkan layanan operasi katarak dengan teknik phacoemulsification.

“Alhamdulillah, hari ini kita memulai lagi operasi katarak perdana, sebelumnya vakum selama 16 bulan. Layanan operasi ini tersedia bagi masyarakat umum dan peserta BPJS Kesehatan,” ujar Kepala BKIM Sumbar Afando Ekardo saat launching, Rabu (22/2/2023) di BKIM Sumbar.

Menurut dia, operasi katarak phacoemulsification adalah teknik operasi katarak yang ampuh untuk menyembuhkan mata katarak. Sejauh ini belum ada obat atau terapi yang diyakini bisa mengatasi penyakit penyebab kebutaan nomor 1 ini selain melalui operasi katarak.

"Kita berharap masyarakat yang mengalami keluhan penglihatan, khususnya katarak, menjadikan BKIM Sumbar sebagai pilihan untuk menilaikan keluhannya. Banyak plusnya. Kita sediakan layanan jemput antar gratis bagi pasien domisili di  Padang,” ujar Edo sapaan akrab Afando Ekardo.

Dia menegaskan layanan prima BKIM Sumbar ini, bagian dari upaya BKIM Sumbar menuju menjadi rumah sakit mata. Bahkan dalam konteks menuju menjadi rumah sakit itu, pihaknya sudah memenuhi beberapa persyaratan seperti SDM, prasarana dan lainnya. Tinggal lagi yang belum adalah Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). IPAL adalah syarat wajib untuk mendirikan rumah sakit. 

"Mudah-mudahan tuntas dan pertengahan tahun ini dilaunching," katanya.

Soal pelayanan prima di PKIM itu juga diakui dua anggota Komisi V DPRD Sumbar Hidayat dan Bustami Hidayat yang menyaksikan dan wawancara langsung dengan pasien yang berobat di sana.

Hidayat kagum dengan pelayanan profesional dan inovasi yang dilahirkan PKIM sehingga pasien cukup banyak ke sana berobat. Bahkan dia menyebut pelayanan prima yang dilakoni termasuk SDM yang ada, sudah selayaknya dijadikan rumah sakit mata sekaligus menjadi rumah sakit mata pertama milik pemerintah di Sumbar dengan pelayanan excellent.

Dua anggota Komisi V DPRD Sumbar Hidayat dan Bustami Hidayat, Kepala BKIM Sumbar Afando Ekardo dan staf bersama pasien yang perdana yang operasi karatak pasca vakum 16 bulan. (dedi).


Politisi Gerindra asal Dapil Kota Padang ini pun sempat mewawancarai sejumlah pasien yang antre dalam pemeriksaan mata, tak terkecuali dengan Ario, pasien pertama yang dioperasi pasca 16 bulan vakum.

"Pelayanan profesional, sigap, murah senyum dan memuaskan. Kami sebagai pasien senang dan bahagia. Saya yakin dengan pelayanan seperti ini, pasien akan berebut ke sini untuk berobat dan operasi," kata Ario usai terima giveaway sebagai pasien pertama operasi katarak 2023 yang diberikan secara simbolis oleh Bustami Hidayat, politisi PKS. (ef)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved