arrow_upward

Ikut Penilaian Anugerah Tinarbuka Komisi Informasi, Begini Persiapan Sekretaris DPRD Sumbar

Kamis, 23 Februari 2023 : 22.10

 

Ketua KI Sumbar, Nofal Wiska menyerahkan penghargaan AMP kepada Sekretaris DPRD Provinsi Sumbar, Raflis beberapa waktu lalu. (ist).

Padang, Analisakini.id–Tahun 2023 ini, Sekretariat DPRD Sumatera Barat (Sumbar) mewakili Provinsi Sumbar dalam penilaian Anugerah Tinarbuka Komisi Informasi (KI) Pusat. Rencananya, Anugerah Tinarbuka akan diserahkan saat peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN) di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Sekretaris DPRD Sumbar Raflis mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan semuanya, karena persyaratan tersebut bukan hal baru, melainkan hal lama atau kerjaan sehari-hari, dan sudah ada di DPRD Sumbar.

Menurut Raflis, semua program di DPRD Sumbar harus mudah diakses siapa saja, sehingga tidak ada yang perlu ditutupi sesuai UU KIP.

“Kami siap mengikuti monitoring dan evaluasi (monev) KI Pusat. Karena apa yang dinilai sudah kita lakukan sehari-hari. Tidak ada lagi yang baru, terbukti kita sudah mendapatkan kategori informatif lebih dari dua kali. Tahun kemarin kita mendapatkan peringkat 1,” tutur Raflis, didampingi Kabag Persidangan, Hukum dan Perundangan-undangan Zardi Syahri dan Kasubag Humas Dahrul Idris di ruang kerjanya, Rabu (22/2/2023).

Ditambahkan Raflis, selain mendapatkan status informatif dan terbaik, DPRD Sumbar secara perorangan juga mendapatkan achievement motivasion person (AMP), setiap tahunnya, baik anggota DPRD-nya maupun Sekretaris.

“Kami dalam setiap tahunnya secara perorangan menerima AMP, dan secara kelembagaan menerima anugrah informatif, tahun lalu kita mendapat nilai 99% lebih, menunjukan kalau di lembaga ini keterbukaan merupakan hal utama,” tambah Raflis.

Kabag Persidangan, Hukum dan Perundangan-undangan Zardi Syahrir, mengatakan, saat ini Sekretariat DPRD Sumbar sedang membuat pustaka digital yang bisa diakses seluruh dunia, dengan menyediakan ribuan bahan bacaan atau literasi.

“Saat ini kita sudah punya pojok baca digital atau pokcadi, di mana semua orang bisa membaca atau mengetahui berbagai hal, dan kita sediakan komputer untuk bisa mengakses berbagai hal,” tutur Zardi yang merupakan PPID DPRD Sumbar. (**)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved