arrow_upward

GELAR MALAMANG BASAMO, Wako Hendri Septa Apresiasi Mande Rubiah LKAAM Kuranji

Sabtu, 11 Februari 2023 : 18.41

 

Wako Padang memainkan alat musik gandang dalam kegiatan Malamang Basamo se-Kecamatan Kuranji. (humas)

Padang, Analisakini.id-Walikota Hendri Septa memberikan apresiasi atas digelarnya kegiatan Malamang Basamo se-Kecamatan Kuranji yang diprakarsai oleh Mande Rubiah Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kecamatan Kuranji di halaman belakang kantor kecamatan setempat, Sabtu (11/2/2023).

Kegiatan yang diikuti 9 kelurahan se-Kecamatan Kuranji ini pun bertujuan untuk membangkitkan kembali tradisi budaya malamang di Padang khususnya Kecamatan Kuranji.

Menurut Walikota Hendri Septa, tradisi malamang atau membuat lamang (lemang) ini harus selalu dilestarikan selaku tradisi budaya yang telah berlangsung sejak ratusan tahun silam secara turun temurun sampai sekarang.

Seperti diketahui, malamang atau memasak lemang terbuat dari penggabungan antara beras ketan putih dan santan yang dimasukkan ke dalam bambu beralas daun pisang. Cara memasaknya dengan mendirikan batang bambu lemang di atas tungku khusus pembakaran. Rasanya sangat enak dan memiliki ciri khas tersendiri.

Kebiasaan membuat makanan kaya gizi ini pun sering dilakukan saat acara-acara penting, seperti mau masuk bulan Ramadan atau Lebaran, Maulid Nabi, pengangkatan penghulu adat dan acara besar lainnya.

"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Padang, kita menyambut baik kegiatan malamang bersama yang diinisiasi Mande Rubiah LKAAM Kuranji kali ini. Kita tentu berharap, tradisi malamang selalu dilestarikan dan diwariskan kepada generasi muda meskipun seiring terjadinya perkembangan zaman," ungkap Wako Hendri Septa saat membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Selanjutnya orang nomor satu di Padang juga berharap acara malamang terus digelar, baik dalam bentuk event kebersamaan atau pun festival di Padang. 

"Kita tahu dalam proses malamang ini melihatkan kebersamaan dan kekompakan para kaum ibu yang saling membantu satu sama lainnya. Jadi inilah poin pentingnya, karena dengan malamang silaturrahim sesama kita juga dapat terjaga dengan baik," pungkas Wako Padang.

Hadir juga Camat Kuranji Yandra bersama Lurah se-Kecamatan Kuranji, Ketua LKAAM Kuranji Hendri Yazid beserta jajaran, Ketua Mande Rubiah LKAAM Kuranji Mursida beserta anggota dan elemen masyarakat kecamatan setempat. Selain itu juga hadir tokoh muda Padang Morydean Asli Chaidir yang ikut mensupport acara tersebut. (do)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved