arrow_upward

Cegah Stunting dan Anemia pada Ibu Hamil, Puskesmas Ambacang Luncurkan Program "Cemil"

Kamis, 09 Februari 2023 : 20.12

 




 Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang melalu Kabid Kesmas, Depitra Wiguna serahkan buku petunjuk program Cemil pada ibu hamil. (humas).

Padang, Analisakini.id- Puskesmas Ambacang meluncurkan program cegah anemia pada ibu hamil atau "Cemil". Program ini salah satunya guna mencegah stunting di daerah tersebut. Karena pencegahan stunting perlu dilakukan sejak siklus sebelum kelahiran agar melahirkan generasi yang cerdas.

Kapala Puskesmas Ambacang, Drg. Rini Zulfiyanti, menyebutkan di lapangan cukup banyak ditemui ibu hamil yang menderita anemia. Maka dari itu, program "Cemil" dan penyuluhan kesehatan bagi ibu hamil perlu dilakukan agar ibu hamil sehat tanpa ada terjadi permasalahan dalam persalinan nantinya. 

"Ibu hamil perlu melakukan pemeriksaan hemoglobin (hb) dalam darah. Kemudian memerlukan pemberian tablet penambah darah serta asupan makanan kaya protein hewani," katanya saat launching program "Cemil" di Aula Kantor KAN Kuranji, Kamis (9/2/2023). 

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang melalu Kabid Kesmas, Depitra Wiguna menyebutkan ibu hamil butuh kepatuhan pemenuhan gizi. Kebutuhan gizi ibu hamil dua kali lipat dari kebutuhan normal. 

"Jangan sampai terjadi kekurangan, agar ibu hamil melahirkan anak yang cerdas, kuncinya adalah gizi yang cukup. Oleh karena itu, melalui program Cemil ini kita harapkan ibu hamil melakukan pemeriksaan rutin," ujarnya.

Ketua pelaksana dr. Frista Maulina yang merupakan pembimbing dokter muda Fakultas Kedokteran Unand menyampaikan bahwa program ini merupakan gebyar aksi bergizi antara  puskesmas dengan dokter muda Fakultas Kedokteran Unand. 

"Selain kegiatan penyuluhan, ada pemantauan kesehatan ibu hamil, mulai pemeriksaan hb, imunisasi ibu hamil, dan konsultasi ibu hamil. Wajib pemeriksaan hb di awal kehamilan atau trimester ketiga, agar terpantau kesiapan kehamilan," imbuhnya.

Kemudian Perwakilan Camat Kuranji, Agusmaniar mengapresiasi Puskesmas Ambacang yang begitu memperhatikan kesehatan ibu hamil. 

Selain itu, dalam kegiatan peluncuran program "Cemil" itu, ibu-ibu hamil yang hadir sempat melakukan senam kehamilan. Tidak hanya itu, materi mengenai kesehatan ibu hamil dan  pencegahan stunting juga diberikan oleh dr. H. Syahredi SA, SP. OG (K). (cl)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved