arrow_upward

Polsek Sungai Pagu Tidak Hadiri Sidang SIP soal SP2HP dan SP3

Kamis, 12 Januari 2023 : 21.02
Sidang sengketa informasi publik yang dipimpin Adrian Tuswandi. (ist).

Padang, Analisakini.id – Sidang Sengketa Informasi Publik (SIP) antara Yufriadi dan Nurlan Afriani sebagai pemohon dengan badan publik Polsek Sungai Pagu sebagai termohon kembali digelar Komisi Informasi Sumatra Barat (KISB) Kamis (12/1/2023) di Padang.

Tapi, Polsek Sungai Pagu kembali tidak hadir untuk kedua kalinya sidang meski telah dihubungi secara patut.

“Sudah dihubungi secara patut tapi tidak ada respon, pak majelis komisioner,” ujar Panitera Pengganti Kiki menginformasikan ke Majelis Komisioner diketuai Adrian Tuswandi dengan anggota Nofal Wiska dan Arif Yumardi.

Adrian menegaskan  ketidakhadiran termohon di sidang SIP tidak menghalangi proses penyelesiaan sengketa informasi publik.

‘Berbeda dengan tak hadir pemohon dua kali tanpa alasan yang patut, majelis komisioner berdasarkan Perki 1 Tahun 2013 tentang Penyelesaian Sengketa Informasi Publik bisa menggugurkan sengketa informasi publik (SIP),”ujar Adrian.

Majelis Komisioner Informasi dalam sidang SIP itu bersifat proaktif dan berupaya menggali lewat literasi regulasi.

“Sidang pemeriksaan awal ini bisa dilanjutkan karena berdasarkan Peraturan Kapolri, PPID Polsek itu memiliki legal standing menjadi termohon di sidang SIP,” ujar Anggota Majelis Komisioner KISB Arif Yumardi.

Senada dengan itu Peraturan Kapolri juga, kata Arif, tidak mengecualikan soal permohonan informasi yang diajuka pemohon yaitu Yufriadi dan Nurlan Afriani. (*/ef)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved