arrow_upward

Pesan Atal kepada Pengurus PWI Sumbar : Jaga Marwah dan Martabat Pers Indonesia

Jumat, 13 Januari 2023 : 10.37

 

Ketum PWI Pusat Atal S Depari serahkan pataka PWI kepada Ketua PWI Sumbar Basril Basyar usai dilantik. (ist).

Padang, Analisakini.id- Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal S Depari melantik pengurus PWI Sumbar, Jumat (13/1/2023) di Hotel Truntum Padang. Sebelum membacakan ikrar pelantikan, Atal menegaskan sebagai pengurus PWI Sumbar 2022-2027 harus menjaga marwah, martabat dan profesional pers dengn patuh pada kode etik jurnalis.

Atal setelah membacakan ikrar pelantikan, menyerahkan pataka PWI kepada Ketua PWI Sumbar Basril Basyar disaksikan Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansyarullah.

Atal menyerahkan SK PWI pusat nomor 404 dan SK 405 tentang Dewan Kehormatan (DK) PWI Sumbar ke Zul Effendi selaku Ketua DK PWI Sumbar.

Pada proses pelantikan, pembacaan SK Pengurs PWI Sumbar oleh Zulkifli Otoh Gani. "SK ini berlaku sejak ditetapkan 12 Januari 2023 dan berlaku hingga 2027, terdiri dari Dewan Penasehat, Dewan Kehormatan PWI Sumbar dan Pengrus PWI, " ujar Zulkifl Otoh Gani.

Basril Basyir pada sambutan mengatakan, hari ini semua masalah sudah selesai.

"Prinsip demokrasi di ranah minang adalah biduak lalu kiambang batauik, pelantikan ini jawabannya adalah kerja dan membenahi PWI Sumbar sesuai aturan di PWI," ujar Basril Basyir.

Menurut Atal, pelantikan PWI Sumbar luar biasa dihadiri seluruh jajaran pengurus PWI Pusat. 

"Ada penasehat PWI Pusat yang memberikan fatwa soal pelantikan PWI Sumbar hari ini, kalau saya tak laksanakan bisa kualat saya," ujar Atal.

Selain itu kata Atal, inilah pelantikan pengurus PWI Sumbar ini juga dihadiri PWI provinsi tetangga dari Riau dan Sumut. 

"PWI Pusat menyepakati masa jeda pelantikan pak Basril Basyir yang terpilih pada Konferensi Provinsi PWI Sumbar. Ini hebatnya Sumbar tempat lahirnya wartawan hebat Indonesia dari dulu hingga kini dan akan datang," ujar Atal yang di sela pidatonya.

Bahkan dalam kesempatan itu Atal juga menyerahkan penghargaan kepada Pimpinan Sidang Konferprov PWI Sumbar 24 Juli 2022 Amirudin. Luar biasa dan penghargaan ini, sambung Atal pertama kalinya ada di Indonesia. "Salut kita sama Sumbar," kata Atal.

Ketua Panitia Pelantikan Sawir Pribadi akui ini kerja luar biasa."11 Januari 2023 pukul 23.00 Wib kepastian PWI Sumbar 2022-2027 dilantik. Itu pun setelah Pak Ketua Umum PWI Pusat memastikan pelantikan hari ini, terima kasih pak Ketua. Atal dan Pak Gubernur Sumbar serta jajaran dan berbagai pihak yang telah mensukseskan persiapan dua hari dan hadir pagi ini serta ucapan selamat dan sukses di karangan bunga yang banyak, "ujar Sawir Pribadi. (*)


Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved