arrow_upward

PAN Diprediksi tak Lolos Parlementary Treshold, Guspardi Gaus : Sejak Pemilu1999 PAN Tidak Pernah Absen Mengantarkan Wakilnya di Senayan

Rabu, 04 Januari 2023 : 20.03
Guspardi Gaus.

Jakarta, Analisakini.id-Hasil survei nasional  teranyar yang dirilis Indo Riset memprediksi hanya 7 partai yang akan meloloskan wakilnya di Senayan pada gelaran Pemilu 2024 mendatang. 

Survei yang dilakukan  pada  12-17 Desember 2022 memperkirakan PAN hanya akan memperoleh suara 2,1%. Artinya, partai yang dipimpin Zulkifli Hasan ini tidak memenuhi ambang batas parlemen sebesar 4 persen.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PAN Guspardi Gaus mengatakan tidak terlalu risau dengan hasil survey yang tidak  menempatkan Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi salah satu partai yang lolos  Parlementary Treshold (PT) 4 persen pada pemilu 2024.

Memang banyak hasil survei yang meprediksi PAN tidak lolos PT. Bahkan dikatakan PAN tidak pernah melampaui PT di atas tiga persen atau empat persen, tetapi faktanya PAN  selalu berhasil mengantarkan wakilnya ke Senayan  sejak Pemilu 1999 sampai Pemilu 2019. "Artinya apa yang diprediksi berbagai lembaga survey tidak terbukti," ujar Guspardi, Kamis (4/1/2023).

Legislator asal Sumatera Barat itu menjelaskan, PAN memulai debutnya di belantika politik tanah air pada Pemilu 1999 dengan meraup suara sebesar 7,11 %. Kemudian, Pemilu 2004  berhasil mempertahankan eksistensinya dengan mendapatkan suara sebesar 6,44%. Pada Pemilu 2009 PAN meraih suara sebesar 6,03 persen. Pada Pemilu 2014, perolehan suara PAN meningkat menjadi  7,55%. Dan pemilu 2019 PAN meraup suara 6,84%. Sementara itu hasil survei hampir selalu dibawah 2%, artinya selalu dikatakan PAN tidak lolos ke Senayan.

Lembaga survey  yang merilis hasil surveinya dinilai hanya mengukur popularitas partai. Mereka tidak mengukur popularitas kader dan caleg yang akan bertarung di partai tersebut. Sementara, dengan sistem pemilu sekarang ini, antara popularitas partai dan popularitas individual terkadang tidak linear. "Makanya hasil survei bertolak belakang dengan kenyataan khususnya terhadap Partai berlambang Matahari Terbit, namun begitu kita tetap menghormati prediksi dari lembaga survei,"  ulas Politisi PAN ini.

Oleh karena itu, hasil prediksi yang dikeluarkan oleh lembaga survey itu kita jadikan motivasi dan sebagai pelecut bagi PAN untuk terus bekerja keras. Partainya terus menggelar konsolidasi tanpa henti. Mesin partai terus bekerja, tinggal bagaimana memaksimalkannya untuk pemenangan pileg dan pilpres yang akan datang. 

"PAN di bawah komando Pak Zulkifli Hasan tetap optimis menghadapi pemilu mendatang, karena berdasar pengalaman, PAN itu selalu lolos, tetapi kami tidak boleh pula lengah,” pungkas anggota Baleg DPR RI tersebut.

Sebelumnya diberitakan Lembaga survei Indo Riset merilis hasil survei tentang partai yang akan lolos pada pemilu 2024.  Indo Riset menggunakan metode multistage random sampling dengan memperhatikan jumlah proporsionalitas antara jumlah sampel dengan jumlah pemilih di setiap provinsi. 

Adapun Sampel survei sebesar 1.120 orang dan margin of error dalam survei ini kurang lebih 2,92% dengan tingkat kepercayaan hingga 95%, sebagaimana dikitutip dari media, Selasa (3/1/2023). (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved