arrow_upward

Ketua Fraksi PAN Minta Pemprov Sumbar Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

Kamis, 05 Januari 2023 : 08.30

 

Muhayatul

Padang, Analisakini.id-Ketua Fraksi PAN DPRD Sumbar Muhayatul meminta Pemprov Sumbar untuk meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat. Soalnya hingga kini, masih saja ditemukan masyarakat mengeluh atas pelayanan yang diberikan jajaran kesehatan.

"Kita banyak terima laporan soal ini. Ke depan, kita tidak ingin ada laporan serupa. Caranya, ya, pelayanan paripurna harus diberikan kepada masyarakat. Apalagi bicara kesehatan, indikator utamanya adalah pelayanan. Canggih peralatan dan mahal obatnya, tapi cara pelayanan mengecewakan, masyarakat yang berobat akan bertambah sakit," terang Muhayatul kemarin di Padang.

Muhayatul minta Pemprov Sumbar  berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat di semua tingkatan, mulai dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) hingga Rumah Sakit (RS) baik RS pemerintah maupun swasta. Banyak cara untuk mewujudkan komitmen tersebut, antara lain mengutamakan pelayanan masyarakat dari pada administrasi layanan kesehatan.

Dijelaskan, seluruh pusat layanan kesehatan masyarakat harus mengutamakan kepentingan kesehatan masyarakat atau pasien dari pada mempersoalkan administrasi. Jika, pelayanan kesehatan kepada masyarakat telah dilakukan, maka selanjutnya layanan administrasi bisa dilanjutkan.

"Untuk meningkatkan pelayanan tersebut, memang tidak cukup hanya dengan imbauan dan membangun narasi rancak saja, tapi harus ditindaklanjuti dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Caranya, dengan melakukan pembinaan maupun pelatihan terhadap perawat maupun dokter di puskesmas maupun rumah sakit dan sebagainya," terang mantan Ketua Pemuda Muhammadiyah Sumbar ini.

Muhayatul menjelaskan saat Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di Lapangan Imam Bonjol, Padang, Senin (14/11/2022), Gubernur Sumbar Mahyeldi menginstruksikan jajaran Dinas Kesehatan untuk mengoptimalkan seluruh potensi tenaga kesehatan yang ada, bersama seluruh elemen masyarakat sehingga pelayanan kesehatan merata hingga ke nagari dan jorong di Sumbar.

Tujuannya bagus yaitu upaya peningkatan pelayanan kesehatan yang merata di Sumbar. Apalagi pemerataan layanan kesehatan ini intruksi Presiden RI dan Menteri Kesehatan RI dalam rangka mempersiapkan generasi berkualitas pada saat Indonesia Emas 2045 nanti.

"Jadi kita minta betul-betul diimplimentasikan di lapangan. Pastikan betul hal ini sampai tingkat nagari dan jorong,” kata gubernur. (ef)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved