arrow_upward

Luncurkan Program Visit Beautiful West Sumatera 2023, Gubernur Mahyeldi Targetkan 8,2 Juta wisatawan Datang ke Sumbar

Minggu, 25 Desember 2022 : 11.10

Gubernur Sumbar Mahyeldi bersama Wako Bukittinggi Erman Safar dan sejumlah tokoh lainnya. (ist)


Bukittinggi, Analisakini.id-Dalam rangka membangkitkan kembali geliat kepariwisataan, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat bekerja sama dengan Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Barat telah mencanangkan Tahun Kunjungan Wisata Sumatera Barat dengan mengusung tagline Visit Beautiful West Sumatra (VBWS) 2023.

"Dengan mempercepat pariwisata maka perekonomian akan bangkit bahkan ada 77 iven disiapkan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat 2023 tentunya harus berkolaborasi dengan Kab/Kota bahkan Kementerian," kata Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah  pada malam pembukaan Grand Launching Visit Beautiful West Sumatera 2023 di Jam Gadang, Bukittinggi, Sabtu (24/12/2022).

Ia menyebutkan pencanangan program ini merupakan upaya strategi pengembangan pariwisata yang terintegrasi dengan melibatkan seluruh stakeholders di Sumatera Barat untuk meningkatkan jumlah kunjungan dan mendorong nilai ekonomi pada semua sektor potensial di Sumatera Barat harus didukung Hospitality/ keramah tamahaan dan juga kebersihan.

"Kita akui, selama Pandemi Covid-19 telah menyebabkan melambatnya laju perekonomian dan terganggunya aktivitas masyarakat di berbagai sektor, tidak di Sumatera Barat, dan Negara ini bahakan se dunia ikut terdampak untuk itu kita optimis covid bisa kita tanggulangi,"ucapnya.

Selain itu ia juga mengatakan sebagai langkah awal dalam mendukung pemulihan pariwisata di Sumatera Barat, pada tanggal 1 Oktober 2022 entry point Bandara Internasional Minangkabau (BIM) telah dibuka dengan rute penerbangan Kuala Lumpur-Padang dan Padang-Kuala Lumpur.

Dengan dibukanya entry point BIM wisatawan mancanegara terutama dari Malaysia dan negara tetangga lainnya bisa kembali berkunjung ke Sumatera Barat dan dapat menggerakkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Hingga 1 Desember 2022, berdasarkan data dari Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, telah tercatat sebanyak 4.775.129 wisatawan nusantara dan 8.535 wisatawan mancanegara yang telah datang berkunjung pada objek wisata berbayar di Sumatera Barat.

Melalui program Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) 2023, kita menargetkan agar 8,2 juta wisatawan nusantara dan mancanegara datang berkunjung ke Sumatera Barat.

"Kita berharap agar melalui Grand Launching Visit Beautiful West Sumatra 2023 dapat memperkenalkan secara luas pariwisata Sumatera Barat dan menarik banyak wisatawan untuk datang berkunjung sehingga target 8,2 juta kunjungan wisatawan dapat tercapai," harap Mahyeldi.

Selanjutnya ia menuturkan, Grand Launching Visit Beautiful West Sumatra 2023 merupakan suatu momentum yang baik dalam membangkitkan kembali perekonomian Sumatera Barat.

Sumatera Barat memiliki keindahan alam, kekayaan budaya dan kuliner yang menjadi modal besar dalam memajukan sektor pariwisata.

"Untuk mengolah modal tersebut agar bisa memberikan manfaat kepada semua orang maka diperlukan adanya pengembangan daya tarik wisata serta fasilitasi peningkatan destinasi wisata yang memenuhi aspek atraksi, Sementara aksesibilitas, dan amenitas serta aspek pemasaran dan pertumbuhan ekonomi wilayah", ungkapnya.

Dalam membangun industri pariwisata di Sumatera Barat, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat juga fokus dalam memberikan pelayanan yang baik dan mengintensifkan penerapan protokol kesehatan berbasis health, safety, dan environmental sustainbility (CHSE) sehingga wisatawan merasa nyaman dan betah di Sumatera Barat dengan targetkan 8,2 juta pengunjung ke Ranah Minang.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat juga secara konsisten meningkatkan sinergi promosi di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif terkait serta meningkatkan efektivitas dan kualitas pemasaran dan promosi pariwisata melalui pemanfaatan teknologi dan sistem informasi.

Ke depannya, Mahyeldi berharap agar seluruh stakeholders pariwisata bersatu dan bekerja sama dalam mendukung Visit Beautiful West Sumatra 2023 sehingga bisa menjadi titik awal dari bangkitnya kembali pariwisata Sumatera Barat. "Semoga pariwisata Sumatera Barat semakin maju dan dapat menyejahterakan masyarakat," tuturnya.

Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, saya mengajak semua pihak untuk mendukung Visit Beautiful West Sumatra (VBWS) 2023. "Ini adalah saatnya bagi kita untuk berkumpul bersama dan mendukung percepatan pemulihan pariwisata Sumatera Barat," tutupnya.

Turut hadir pada acara itu, Kepala Perwakilan Wilayah (KPw.) Bank Indonesia Sumbar Wahyu Purnama A., Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi, Direktur Kepatuhan Bank Nagari Restu Wirawan, Taspen Bukittinggi, Anggota Komisi V DPRD Sumbar Ismet Amzis, Staf Ahli Percepatan Wisata Sumbar M. Zuhrizul.

Lalu, Kadisparpora Tanah Datar, Kadisparpora Bukittinggi, Kadisparpora Agam, Pimpinan Perbankan Konvesional dan Syariah, IKMS Sydney Australia, IASMA SMAN 1 Landbouw, Kepala LPP RRI Bukittinggi Julian S. Saaba, Ketua KADIN Sumbar Buchari Bachter, Ketua Tim Kerja Visit Beautiful West Sumatera (VWBS) 2023 DR. Raseno Arya dan Forkompinda. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved