arrow_upward

KETUA DEKOPINWIL SUMBAR , Pemuda Kelompok Strategis dalam Pengembangan Koperasi ke Depan

Minggu, 18 Desember 2022 : 19.00
Ketua Dekopinwil Sumbar H. Hendra Irwan Rahim melantik pengurus Badan Komunitas Pemuda Koperasi (BKPK) Sumbar. (ist).

Padang, Analisakini.id-Dalam pengembangan koperasi ke depan, pemuda merupakankelompok strategis. Penumbuhan kesadaran berkoperasi di lingkungan pemuda, bukan saja akan membantu meningkatkan kemampuan ekonomi kelompok pemuda itu sendiri, tetapi juga mempunyai dampak positif jauh ke depan yaitu pengembangan koperasi.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Dekopinwil Sumbar Ir. H. Hendra Irwan Rahim, MM saat mengukuhkan pengurus Badan Komunitas Pemuda Koperasi Dekopin Sumbar, Minggu (18/12/2022).

Menurut Hendra, sarana berkoperasi bagi kalangan pemuda cukup beragam. Mulai koperasi sekolah (kopsis), koperasi mahasiswa (kopma), koperasi pesantren (kopontren) serta koperasi pemuda yang ada di masyarakat. Koperasi-koperasi pemuda telah menghimpun diri dalam sebuah koperasi sekunder tingkat nasional yang berbasis di Jakarta yaitu koperasi pemuda Indonesia (Kopindo).

"Bagi pemuda yang berkoperasi di tempat yang bersifat sementara sepert kopma dan kopontren, koperasi bukan hanya tempat untuk memenuhi kebutuhan ekonomi secara bersama, tetapi juga sekaligus menjadi laboratorium atau tempat penyemaian kader koperasi," terang anggota DPRD Sumbar ini.

Menurut Hendra, lantaran posisinya yang sangat strategis, Dekopin memberikan perhatian khususu pada kalangan pemuda koperasi, antara lain dengan membentuk badan komunikasi pemuda koperasi (BKPK) pada 30 Desember 1999.

Sebagai organisasi perangkat Dekopin, BKPK untuk melaksanakan kegiatan khusus terkait dengan upaya peningkatan kesadaran kalangan muda berkoperasi dan melibatkan mereka dalam berbagai program baik pemahaman tentang perkoperasi maupun program khusus menyangkut kebutuhan dan perkembangan transformasi digital saat ini.

"Sebagai organisasi pengkaderan yang melakukan pembinaan pada kelompok strategis pemuda di kalangan gerakan koperasi sehingga terbentuk sumber daya insani pembangunan koperasi," jelas dia.

Dekopin sebagai wadah tunggal gerakan koperasi sangat berkepentingan untuk menumbuhkan dan menfasilitasi agar terciptanya kader-kader muda insan koperasi.

"Oleh karena itu, melalui pelantikan pengurus BKPK ini, semoga kader-kader koperasi semakin tumbuh dan kuat di Sumbar," tutup Hendra. (ef)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved