arrow_upward

Hendra Irwan Rahim Daftar ke DPD RI, Angin Segar bagi Komunitas Koperasi Sumbar

Kamis, 29 Desember 2022 : 19.50
Ketua Dekopinwil Sumbar Hendra Irwan Rahim daftarkan diri sebagai calon DPR RI di KPU Sumbar. (ist).


Padang, Analisakini.id-Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah Sumatera Barat (Dekopinwil Sumbar) Ir. H. Hendra Irwan Rahim, MM mendaftarkan diri sebagai bakal calon anggota DPD RI dalam Pemilu 2024 dengan mengantarkan syarat dukungan minimal ke KPU Sumbar pada Kamis (29/12/2022) sore.

"Selesainya periode sebagai anggota DPRD Sumbar periode 2019-2024 nanti saya akan mencoba mewakili masyarakat di DPD RI," kata Hendra di KPU Sumbar.

Menurut dia, dirinya telah menjalani lima periode sebagai anggota DPRD Sumatera Barat yakni pada 1997 hingga 1999 kemudian 1999-2004. Dilanjutkan periode 2004-2009 selanjutnya periode 2009-2014 berhasil menjadi Ketua DPRD Sumbar dan periode saat ini 2019 hingga 2024.

"Kita tidak meninggalkan Golkar namun berjuang di jalur DPD tanpa ada warna partai," kata Hendra yang juga dua periode menjabat Ketua Dekopinwil Sumbar.

Ia menyebutkan dukungan yang berhasil dikumpulkan sebagai syarat maju adalah 2.250 dukungan dan tersebar di 13 kota dan kabupaten di Sumbar.

"Syarat minimal hanya 2.000 dan kita tentu tidak ingin buang-buang tenaga mengumpulkan 40 ribu dukungan. Kita memang membatasi dukungan yang dikumpulkan," kata dia.

Menurutnya, dukungan terbanyak untuk dirinya memang datang dari kampung halaman Kabupaten Tanah Datar dan juga domisili di Kota Padang.

Untuk peta persaingan sendiri, ia menilai tidak terlalu khawatir karena jika lolos itu atas izin Allah dan dirinya hanya bekerja keras dan berjuang mendapatkan hasil terbaik dalam pemilu nanti.

Hendra Irwan Rahim sendiri memang diminta benar untuk mewakili komunitas koperasi dan UMKM di Senayan. Beberapa kali acara perkoperasian termasuk di kabupaten/kota, tokoh dan pelaku koperasi berharap ada sosok yang peduli dengan pembangunan koperasi di Senayan.

"Bapak Gubernur Mahyeldi dalam kegiatan bertajuk koperasi di berbagai kesempatan berharap pembangunan sektor koperasi digencarkan. Harus bisa membuat Bung Hatta sebagai Bapak Koperasi tersenyum. Nah menjemput harapan Pak Gubernur dan komunitas koperasi, maka tidak ada jalan lain, tokoh yang peduli koperasi harus diantarkan menuju Senayan. Insyaallah," kata mantan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumbar Zirma Yusri yang ikut dampingi Hendra Irwan Rahim daftarkan diri di KPU Sumbar.

Ikut mendampingi Hendra Irwan Rahim antara lain Syafirman (tokoh koperasi Agam sekaligus mantan Sekdakab Agam), Mirwan Pulungan (tokoh masyarakat Pasaman Barat), Akhiruddin (Sekretaris Dekopin Padang), Mirkadri Mikyar (mantan anggota DPRD Padang dari Golkar sekaligus tokoh masyarakat Koto Tangah) dan lainnya. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved