arrow_upward

Hebat, Bank Nagari Raih 3 Penghargaan Top Digital Awards

Jumat, 16 Desember 2022 : 10.23
Dirut Bank Nagari Muhamad Irsyad (tengah) didampingi Direktur Keuangan Sania Putra (kanan) dan Pemimpin Divisi Sekper Idrianis (kiri) saat memegang penghargaan Top Digital Awards 2022, kemarin. (ist).

Jakarta, Analisakini.id-Bank Nagari terus menorehkan prestasi cemerlang. Terbaru, bank kebanggaan masyarakat Sumbar itu meraih penghargaan Top Digital Awards 2022 dalam kategori Top Digital Implementation 2022 level Stars 4 dari majalah ItWorks, Kamis (15/12/2022), di Dian Ballroom, Hotel Raffles, Jakarta.

Tak hanya Bank Nagari, Dirut Bank Nagari, Muhamad Irsyad juga berhasil meraih penghargaan Top Leader on Digital Implementation 2022, dan Direktur Keuangan Bank Nagari Sania Putra juga meraih penghargaan Top CIO on Digital Implementation 2022 di ajang bergengsi tersebut.

Dirut Bank Nagari Muhamad Irsyad yang menerima langsung penghargaan tersebut mengatakan, penghargaan yang berhasil diraih Bank Nagari merupakan hasil kerja keras dari seluruh direksi dan karyawan Bank Nagari.

Ia menambahkan, keberhasilan dalam meraih penghargaan Top Digital Awards tersebut, merupakan pencapaian yang luar biasa, karena menunjukkan bahwa manajemen perusahaan telah mengelola bisnisnya secara modern, profesional, dan lebih terpercaya dengan mengimplementasikan serta memanfaatkan teknologi informasi dan digital yang lebih canggih.

"Mudah-mudahan dengan prestasi ini, bisa lebih memotivasi kami dalam memberikan yang terbaik bagi perekonomian masyarakat di Sumbar, jelasnya.

Ketua Penyelenggara Top Digital Awards 2022 sekaligus Pemimpin Redaksi Majalah It Works M Lutfi Handayani mengucapkan selamat kepada Bank Nagari atas prestasi yang didapatkan, yakni sebagai Top Digital Impelementation 2022 level Stars 4, Top Leader on Digital Implementation 2022 yang diterima Dirut Bank Nagari Muhamad Irsyad dan Top CIO on Digital Implementation 2022 oleh Direktur Keuangan Bank Nagari Sania Putra.

Ia menjelaskan, Top Digital Awards sendiri adalah kegiatan penghargaan tahunan di bidang Teknologi dan Informasi (TI), Telco, dan Teknologi Digital, yang terbesar dan paling komprehensif di Indonesia. Penilaian dan penentuan pemenang dilakukan berdasarkan lendalaman wawancara penjurian dan keputusan penentuan pemenang dilakukan secara obyektif dan independen dalam Sidang Pleno Dewan Juri yang kredibel.

Ia menjelaskan, ajang penghargaan tahunan bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)  dan Solusi Digital terbesar tingkat nasional yang dihelat majalah ItWorks bekerja sama dengan sejumlah  Asosiasi TI & TELCO Indonesia ini, dihadiri sejumlah pimpinan Kementerian, Lembaga/Badan, Kepala Pemerintah Daerah, Walikota, Gubernur, serta IT Manager atau Chief technology officer (CTO)/ Chief Information Officer (CIO) dari berbagai perusahaan, organisasi dan institusi untuk menerima langsung penghargaan ini.

Sejalan dengan tema yang diangkat pada penyelenggaran iven Top Digital Awards 2022, yakni The Strategic Impact of Digital Transformation in Business & Government, para peraih pengharagaan ini telah mampu membuktikan inovasi, kreativitas dan terobosan digital yang dilakukan, baik oleh perusahaan, institusi, Lembaga ataupun organisasi telah berdampak signifikan, baik di internal perusahaan maupun hubungan  eksternal, termasuk dengan mitra bisnis atau pelanggan (masyarakat).

Demikian juga peran dari para pimpinan kepala daerah, CIO atau CTO, terutama dalam  upaya mendukung akselerasi transformasi digital untuk meningkatkan daya saing  maupun layanan pelanggan maupun layanan masyarakat.

Secara umum, di tahun ketiga pandemi Covid-19 ini, kreativitas dan inovasi serta antusias peserta, baik dari perusahaan, organisasi, maupun institusi dan lembaga pemerintahan dalam menghadirkan solusi inovasi baru berbasis technology digital, terus mengalami peningkatan. Bahkan sejak pandemi Covid-19, transformasi digital mengalami lompatan baru di berbagai kalangan.

Ketua Dewan Juri Top Digital Awards 2022, Prof. Dr, Ing. Ir. Kalamullah Ramli, M.Eng  mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan oleh majalah ItWorks ini, sangat selaras dengan arah kebijakan Presiden RI, yakni percepatan transformasi digital guna mendorong peningkatan implementasi dan pemanfaatan teknologi digital, baik di instansi pemerintahan, korporasi bisnis, maupun institusi lainnya.

Dikatakan, transformasi digital umumnya dijalankan dalam upaya suatu organisasi mendongkrak efektivitas dan efisiensi dalam memberikan layanan publik, kinerja bisnis dan operasional, serta layanan kepada pelanggan.

Menurutnya, agar transformasi digital yang sukses tetap bisa diwujudkan, maka perlu fokus pada (1) kualitas digitalisasi, bukan sekedar kuantitas; (2) Integrasikan upaya transformasi digital dengan seluruh aktivitas organisasi, (3) tetap memperhatikan kondisi eksternal, seperti ekonomi, pasar, kompetisi, dan perkembangan teknologi serta kebutuhan masyarakat/konsumen, serta (4) adalah manajemen keamanan informasi.

Lebih lanjut Kalamullah Ramli menjelaskan, penilaian untuk penentuan pemenang, diawali dengan seleksi awal terhadap 900-an calon peserta, untuk menghasilkan 200 kandidat terbaik. Para pakar TI dan Dewan Juri, merekomendasikan kandidat-kandidat perusahaan dan instansi pemerintahan, yang dinilai berhasil dalam hal implementasi dan pemanfaatan teknologi digitalnya. Beberapa data pendukung, termasuk hasil penilaian SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) yang diselenggarkan oleh KemenPANRB, juga menjadi pertimbangan dalam seleksi awal ini.

Dari 200 kandidat terbaik, sebanyak 183 peserta yang dapat mengikuti proses penilaian secara lengkap, termasuk hadir dan presentasi keberhasilan implementasi dan pemanfaatan teknologi digitalnya, dalam kegiatan wawancara penjurian yang diselenggarakan secara daring.

Proses penilaian dan penetapan pemenang, dilakukan secara obyektif, dan independen oleh dewan juri. Penilaian dan penjurian yang telah dilakukan, didasarkan pada informasi yang diperoleh dari jawaban kuesioner, wawancara penjurian, dan sumber informasi lain yang relevan, selama proses penilaian berlangsung. 

Dalam penyelenggaraan Top Digital Awards 2022 ini, ada 2 Peserta yang tidak mendapatkan level bintang penghargaan, karena dinilai belum memenuhi kriteria penilaian yang telah ditetapkan.  Namun kabar baiknya, dalam ajang ini, ada 5 Peserta yang mampu meraih Piala Golden Trophy, yakni peserta yang berhasil meraih penghargaan level Bintang 5, dalam 3 tahun berturut-turut, jelasnya. (ef)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved