arrow_upward

Guspardi Gaus Ikut Sambut Anies Baswedan di Sumbar? Ini Alasannya

Selasa, 06 Desember 2022 : 19.16

 

Guspardi Gaus.

Padang,Analisakini.id-Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PAN mengatakan dirinya memang ikut menyambut kedatangan Anies Baswedan yang sedang melakukan safari politik ke wilayah Sumatera Barat pada Sabtu (3/12/2022) lalu.

Menurutnya, ikut menyambut Anies hanya kebetulan, lantaran dirinya juga lagi berada di BIM hendak ke Jakarta. "Kebetulan lagi di bandara. Tentu sebagai tokoh Sumbar, ada calon yang akan maju sebagai presiden, ya silaturahim dengan siapapun kan tidak masalah," ujar Guspardi kepada awak media, kemarin.

Lagi pula, nama Anies Baswedan kan juga masuk dalam salah satu calon dari 9 orang di bursa capres  saat digelar Rakernas PAN Agustus 2022 lalu. Untuk klaster pertama berisi nama-nama pentolan parpol, yakni Zulkifli Hasan (PAN), Airlangga Hartarto (Golkar), Suharso Monoarfa (PPP), dan Puan Maharani (PDIP). Klaster kedua berisi para kepala daerah, yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Khofifah Indar Parawansa, dan Ridwan Kamil. 

"Selanjutnya klaster ketiga berisi teknokrat. Namun, hanya ada nama Menteri BUMN Erick Thohir di klaster ketiga bakal capres PAN itu,"ungkap Politisi PAN itu.

Legislator Dapil Sumatera Barat 2 itupun menjelaskan, PAN yang tergabung dalam KIB sampai saat ini belum  menentukan calon presiden. Bahkan, DPP PAN memberikan ruang kepada kader untuk memantau, mendengarkan dan mendalami aspirasi masyarakat di daerah (terhadap semua bakal calon), selagi capres belum diputuskan oleh DPP secara resmi

Selanjutnya, mantan anggota dan Pimpinan DPRD Sumbar 3 periode ini menerangkan, di sela kegiatan reses dan melakukan sosialisasi dari mitra kerja Komisi II di 8 kabupaten/kota dapil Sumatera Barat 2, selalu menjaring aspirasi dari masyarakat tentang calon presiden yang didukung masyarakat berlaga dalam pilpres 2024. 

Pertanyaan yang disampaikan kepada masyarakat netral tanpa menggiring. Dari beberapa nama yang sekarang muncul jadi calon presiden. yaitu Puan Maharani, Prabowo Subianto, Ganjar Prabowo dan Anies Baswedan. Siapa kira-kira yang akan didukung. Rata- rata  secara serentak mereka menjawab Anies, pak Anies Baswedan.  

Jadi, hasil dari menjemput aspirasi masyarakat di dapil Sumatera Barat 2 mayoritas masyarakat mendukung Anies. Jika di Jawa Tengah dukung Ganjar atau daerah lain dukung calon berbeda, ya sah-sah saja. Itu merupakan asprirasi masyarakat yang harus dihormati. 

"Namun begitu, amanat Rakernas PAN 2022, soal penetapan siapa Capres serta Cawapres PAN di 2024 memang diserahkan kepada Ketua Umum,"  ujar Pak GG .

Ketua Umum PAN (Zulkifli Hasan)  tidak mengintervensi anggotanya untuk menyerap aspirasi dari dapil masing-masing soal capres. Selama Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN belum membuat keputusan resmi tentang nama capres yang akan diusung pada Pilpres 2024, kader partai berlambang matahari itu masih diperbolehkan menyerap aspirasi. 

"Nanti kalau sudah diputuskan, kami akan sami’na wa atha’na kepada keputusan partai," pungkas anggota Baleg DPR tersebut. (ef)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved