arrow_upward

Erick Thohir-Andre Rosiade Tinjau Lokasi Pembangunan Fly Over Sitinjau Lauik

Selasa, 20 Desember 2022 : 20.31

 

Menteri BUMN Erick Tohir bersama Wagub Audy Joinaldy, Anggota  DPR Andre Rosiade dan  Kapolda Sumbar. (ist)

Padang, Analisakini.id-Menteri BUMN Erick Tohir dan Anggota Komisi VI DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade meninjau lokasi rencana pembangunan fly over Sitinjau Lauik yang menghubungkan Kota Padang dengan Kabupaten Solok, Selasa (20/12/2022). Erick juga telah menyetujui pembangunan fly over yang menjadi kunci mengurai kemacetan dan longsor di jalan ekstrem itu. 

Menteri Erick Thohir menilai fly over di jalur tersebut sudah sangat dibutuhkan untuk mengatasi kemacetan dan rawan kecelakaan di sana. Untuk mendukungnya, Erick Thohir menurunkan salah satu BUMN, Hutama Karya (HK) untuk persiapan pembangunan fly over. 

"Pembangunan fly over Sitinjau Lauik kami dari BUMN mendukung penuh dengan menurunkan HK," kata Erick Thohir di Sitinjau Lauik didampingi Andre Rosiade saat memberikan keterangan pers di Sitinjau Lauik. 

Erick menyebut dengan mendukung pembangunan fly over Sitinjau Lauik, membalikan adanya anggapan kalau pemerintah pusat menganaktirikan pembangunan Sumatra Barat. “Sumatra Barat tidak pernah kami anak tirikan, untuk pembangunan Sumatera Barat selalu kami dukung," ujar Erick.

Erick menyebut membangun fly over di Sitinjau Lauik juga sebagai bentuk dukungan untuk memajukan sektor pariwisata di Sumatra Barat. Jalur ini kata dia merupakan jalur yang dilewati wisatawan lokal dari luar Sumbar menuju sejumlaj destinasi wisata di Ranah Minang. Menurut sektor pariwisata sudah terbukti mampu dengan cepat menggenjot pemilihan ekonomi pasca pandemi.

“70 persen pemasukan pariwisata Indonesia itu karena wisatawan lokalnya. Dan kita tentu benerin infrastrukturnya,” ucap Erick.

Andre Rosiade, mengucapkan terima kasih kepada BUMN yang telah memberikan dukungan untuk pembangunan fly over tersebut. “Alhamdulillah pak menteri sudah menunjuk Hutama Karya untuk melakukan penelitian pembangunan fly over Sitinjau Lauik ini," kata Andre Rosiade yang juga Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM). 

Andre Rosiade mengatakan, saat ini HK juga tengah melakukan penelitian terkait bentuk bangunan yang akan dibuat nanti. Andre menyebut pada Maret 2023 penelitian proyek HK selesai. Selanjutnya akan dilakukan tender, berlanjut Oktober 2023 akan mulai pembangunan.

“Pemerintah akan menggelontorkan dana Rp4,8 triliun untuk jalur sepanjang 10 KM ini. Insya Allah, ini akan menjadi solusi dalam kemacetan dan bencana alam di Sitinjau Lauik,” katanya.

Dalam kunjungan itu ikut mendampingi sang menteri Wagub Audy Joinaldy dan Kapolda Sumbar dan para pejabat lainnya (*)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved