arrow_upward

Di hadapan Kementan, Warga Berharap Pangan Murah Rutin Digelar

Jumat, 23 Desember 2022 : 14.32

 

Menteri Pertanian diwakili Direktur Pembiayaan Indah Megahwati didampingi Kadis Pangan Sumbar Efendi dan pejabat lainnya, melepas keberangkatan armada TTIC menuju beberapa lokasi. Armada ini menjual bahan pangan dengan harga murah.

Padang, Analisakini.id-Warga membludak kunjungi Toko Tani Indonesia Center (TTIC) di kawasan By Pass, Padang. Warga ramai ke sana, karena harga pangan murah. Disubsidi pula lagi.

Menteri Pertanian RI diwakili Direktur Pembiayaan Indah Megahwati yang turut hadir memuji gebrakan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Pangan untuk meringankan beban rakyat.

Kementan pun ikut membantu terselenggaranya bazar pangan murah untuk rakyat itu. Bahkan Indah mengaku, untuk pangan murah, inilah pertama kalinya Kementerian Pertanian ikut berpartisipasi. 

"Prinsipnya, pemerintah selalu hadir di tengah kesulitan warga dalam memenuhi kebutuhan pangannya dan sekarang di Sumbar. Mesti harga relatif stabil dan stok mencukupi, pemerintah daerah bijak menyikapi kondisi jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 yang biasanya harga pangan naik,"kata Indah, Jumat (23/12/2022).

Indah pun juga dialog dengan dua ibu rumah yang berbelanja bahan pangan di TTIC yang dikelola oleh Dinas Pangan Sumbar tersebut. Buk Lina dan Buk Nani usai berbelanja kepada Direktur Pembiayaan berharap agar pasar murah rutin diadakan terutama menghadapi hari besar keagamaan nasional seperti saat ini jelang Natal dan Tahun Baru 2023.

Mentan diwakili Direktur Pembiayaan Indah Megahwati dialog dengan seorang ibu rumah tangga usai berbelanja di TTIC. (effendi)

"Harganya sangat murah, Buk. Sangat menolong kami. Terimakasih pemerintah. Kami berharap diadakan rutin," kata Buk Lina.

Tak disangka-sangka pula, kedua ibu rumahtangga itu, usai dialog dengan Buk Indah, mereka dapat tambahan belanja secara spontan dari Buk Indah. "Ini Buk, kami tambah uang belanjanya," kata Buk Indah.

"Alhamdulillah terimakasih banyak, Buk. Pemerintah hebat," balas Buk Lina dan Buk Nani.

Kepala Dinas Pangan Sumbar Efendi dalam kesempatan itu menyebutkan ada tujuh komoditi pangan yang dijual di sana disubsidi. Masing-masing beras (5 kg) harga biasa Rp67,5 ribu dapat subsidi Rp10 ribu sehingga konsumen membelinya dengan harga Rp57,5 ribu. Cabe merah dari harga Rp32 ribu/kg menjadi Rp22 ribu/kg, bawang merah dari Rp26 ribu/kg menjadi Rp16 ribu/kg.

Selanjutnya, telur ayam ras dari Rp52 ribu/tray menjadi Rp42 ribu/tray, daging ayam dari Rp45 ribu/ekor menjadi Rp35 ribu/ekor, minyak goreng dari Rp29 ribu/2 liter menjadi Rp22 ribu/2 liter dan gula pasir Rp27 ribu/2 liter menjadi Rp 22 liter/2 liter.

Ikut berbelanja. (ist).


Hadir juga perwakilan Disperindag Sumbar, Disbuntahor Sumbar, Bank Indonesia, Bulog, Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Pangan Padang Guswardi, Kepala Diperindag Padang S. Barkah dan lainnya.

Direktur Pembiayaan Ditjen Sarana dan Prasarana Kementan Indah Megahwati dalam kesempatan itu juga melepas armada TTIC menuju beberapa titik di berbagai lokasi. Armada TTIC membawa beberapa bahan pangan untuk dijual kepada masyarakat dengan harga murah juga. Tak percaya? Belilah. Dijamin lebih murah. (ef)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved