arrow_upward

Capaian PL-KUMKM Melebihi 100 Persen,Wako Hendri Septa Raih Penghargaan dari Gubernur

Kamis, 22 Desember 2022 : 21.48
Penghargaan untuk Walikota Padang Hendri Septa.

Padang, Analisakini.id-Walikota Padang Hendri Septa menyabet penghargaan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar), atas Capaian Realisasi Pendapatan dan Keuangan Kota Padang yang Lebih dari 100 Persen pada Kegiatan Pendataan Lengkap Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PL-KUMKM) di Provinsi Sumbar Periode 1 April hingga 30 November 2022. 

Penghargaan itu pun diterima Walikota Padang diwakili Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Padang Ferri Erviyan Rinaldi dari Gubernur Sumbar Mahyeldi di Hotel Santika Padang, Kamis (22/12/2022).

"Alhamdulillah, atas nama Pemerintah Kota Padang kita bersyukur sekali kinerja Pemko Padang terus mendapat apresiasi baik dari Pemprov Sumbar dan juga Pemerintah Pusat. Semoga prestasi ini semakin meningkatkan motivasi bagi kita jajaran Pemko Padang dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat," ungkap Ferry.

Ferri menjelaskan, terkait pendataan PL-KUMKM  2022 sejatinya bertujuan untuk memperoleh informasi terkait data pelaku usaha, unit usaha dan perusahaan menurut wilayah maupun lapangan usaha penggunaan tenaga kerja, informasi pasokan dan pasar.

Gubernur Sumbar Mahyeldi berikan penghargaan kepada Walikota Padang diwakili Kadis Koperasi dan UKM. (ist).

"Untuk di Padang PL-KUMKM telah dilaksanakan di seluruh 104 kelurahan se-Kota Padang dengan melibatkan 142 orang Tenaga Enumerator dan 12 orang Koordinator Enumerator yang direkrut oleh Diskop dan UKM," jelasnya.

Ia menambahkan, pada tahap I (satu) PL-KUMKM tahun 2022 dilaksanakan dari 4 April sampai 31 Agustus 2022. Sebagaimana target yang diberikan kepada Kota Padang sebanyak 71.000 data Koperasi dan UMKM. 

"Pendataan ini dilakukan melalui aplikasi yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI yang masuk ke dalam Sistem Informasi Data Tunggal (SIDT). Hal ini berlangsung selama lebih kurang 3 (tiga) bulan pertama pendataan," bebernya.

Lebih jauh Kepala Diskop dan UKM Kota Padang itu membeberkan Kementerian Koperasi dan UKM RI telah memperpanjang masa pendataan lagi sampai dengan 30 November 2022 dengan asumsi terjadinya perubahan pada target yang diberikan sebelumnya. 

"Untuk Kota Padang targetnya ditingkatkan dari 71.000 data menjadi 95.000 data. Sementara kabupaten/kota yang lain malah diturunkan dari target sebelumnya."

"Alhamdulillah, dari target yang ditingkatkan untuk Kota Padang tidak membuat Pokja Kota Padang bersama Tim tidak patah arang akan target tersebut. Malahan menjadi pemicu atau cambuk untuk tetap terus menyemangati Enumerator dilapangan melalui Koordinator Enumerator yang setiap minggu dievaluasi kinerjanya."

Hal ini sambung dia lagi, sangat membuahkan hasil terhadap pencapaian target yang sangat memuaskan bagi Pemko Padang melalui Dinas Koperasi dan UKM. Dimana capaian datanya sebanyak 111.178 data yang masuk melalui aplikasi SIDT atau 117,03 persen dari target 95.000 data.

"Atas pencapaian pelaksanaan PL-KUMKM yang melebihi target yang ditetapkan, maka kita Pemerintah Kota Padang sukses mendapatkan penghargaan dari Pemprov Sumbar termasuk 4 (empat) orang enumerator dari Pemko Padang atas pendataan mereka masuk kategori 5 (lima) besar tertinggi," pungkas Ferry menjelaskan.

Seperti diketahui, penghargaan yang diterima kali ini semakin menambah pundi-pundi prestasi yang berhasil diraih Walikota Padang Hendri Septa bersama jajaran Pemerintah Kota Padang.

Sepanjang tahun 2022 sampai saat ini, sudah tercatat sebanyak 38 penghargaan yang diterima Wali Kota milenial tersebut baik di tingkat nasional dan daerah. (do)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved