arrow_upward

BANGKIT BERGERAK BERSAMA : Senyum Anies Luluhkan Hati Urang Awak

Selasa, 06 Desember 2022 : 14.29

 

Anies Baswedan didampingi Ketua DPW Partai NasDem Sumbar Fadly Amran bincang-bincang dengan warga. (ist)

Padang, Analisakini.id-Kunjungan Anies Baswedan ke Sumatera  Barat (Sumbar) selama dua hari Sabtu-Minggu (3-4/12/2022) disambut antusias oleh warga Sumbar. Kedatangan mantan Gubernur DKI yang sudah diusung sebagai Capres RI 2024 oleh Partai NasDem itu, benar-benar menjadi magnet. "Menghipnotis" warga Sumbar.

Sabtu (3/12/2022) sekitar pukul 15.25 WIB, Anies bersama rombongan mendarat di bandara BIM. Disambut oleh Ketua DPW Partai NasDem Sumbar, Fadly Amran bersama pengurus dan relawan Anies. Fadly memakaikan Deta atau ikat kepala kepada Anies.

Teriakan "Anies Presiden Ku" pun menggema di BIM dari pengurus, kader dan relawan. Anies serasa mendapat energi dengan elukan warga pendukung yang datang dari berbagai penjuru daerah. 

Sebelum ke Padang Panjang, Anies menyempatkan diri berkunjung ke sekolah Indonesisch Nederlandsche School (INS) yang berada di Kayutaman, Padang Pariaman. Sekolah bersejarah yang telah mencetak tokoh-tokoh hebat dari ranah minang itu menjadi kunjungan pertama Anies usai landing di BIM. Di sini, Anies juga ziarah ke makam M. Sjafei, tokoh pendiri INS.

Diniyyah Puteri

Usai menikmati kuliner durian terenak di RM Upik Banun Kayutanam di area INS Kayutanam, Anies beserta rombongan tidak melewatkan hidangan Pasar Kuliner Kota Padang Panjang, Sabtu (3/12) malam.

Meskipun diguyur hujan, Anies pantang surut menyapa warga. Warga juga sangat senang menyambut kedatangan Anies. Anies pun menikmati hidangan yang tersaji di salah satu bofet di sana. "Sangat terasa dengan nuansa alam nan sejuk, semoga UMKM terus bergerak dan pelaku UMKM-nya sehat selalu," ucap Anies.

Setelah itu Anies berkunjung ke Perguruan Diniyyah Puteri. Bahkan dalam dialog, Anies mendorong janji negara soal pengangkatan pendiri Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang sebagai pahlawan nasional.

Anies Baswedan didampingi Ketua DPW Partai NasDem Sumbar Fadly Amran bincang-bincang dengan warga. (ist)

"Jadi ini yang harus kita dorong. Kami melihat peran Diniyyah Puteri ini dimulai dari kegemilangan ibu Rahmah El Yunusiah yang berjuang mendirikan Perguruan ini," katanya

Diketahui, Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang dirikan oleh Rahmah El Yunusiyyah pada tanggal 1 November 1923 pada zaman pemerintahan Belanda di Indonesia. Dalam perkembangannya, Dinniyah Puteri pernah menjadi tempat penyatu tokoh-tokoh pejuang dan tokoh pemuda Islam di masa lalu. Anies juga ziarah ke makam M. Sjafei, pendiri INS.

Kunjungi Kantor LKAAM

Minggu (4/12/2022) pagi, Anies menyapa pendukungnya di Pantai Puruih, Padang dalam kegiatan jalan sehat. Masyarakat sangat antusias datang, bukan saja untuk door prize melainkan untuk bertemu Anies. Sebagian dari warga dari berbagai daerah sudah menunggu, sejak panitia tiba pukul 5.40 WIB. 

Ketua Panitia penyambutan Anies Baswedan, Sukri Umar mengaku awalnya khawatir dengan kondisi yang sudah dari awal hujan mengguyur Padang. Akan tetapi, dengan kondisi seperti itu ternyata animo masyarakat sangat tinggi untuk bertemu Anies Baswedan.

Anies Baswedan bersama para tokoh, pengelola, guru dan siswi Perguruan Diniyyah Puteri.. (ist)

Anies juga berkunjung ke kantor LKAAM Sumbar. Kedatangan Anies ke Kantor LKAAM disambut dengan penampilan silat, tari gelombang, dan dijamu dengan makanan tradisional. Beberapa masyarakat yang ikut hadir menyambutnya dengan teriakan 'Anies Presiden'.

Usai dari kantor LKAAM Sumbar, Anies hadiri deklarasi relawan Anies di gedung Adzkia, Kuranji. Kunjungan Anies di Sumbar diakhiri dengan jamuan makan siang bajamba oleh ketua dan pengurus DPW NasDem.

Pada kesempatan itu, Anies diskusi ringan dengan para pemimpin redaksi media cetak dan online. Anies menyebut dirinya punya kenangan masa lalu tentang Ranah Minang. Saat kecil dahulu suka membaca buku biografi tokoh-tokoh nasional asal Minangkabau, seperti Bung Hatta, Bung Sjahrir, Agus Salim, Natsir dan lainnya. 

Dengan perkembangan Minangkabau dari masa ke masa, Anies menyebut republik ini diwarnai oleh pemikiran Minangkabau lewat tokoh-tokohnya yang berkontribusi nyata terhadap Indonesia. (***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved