arrow_upward

Unand Telorkan 1.141 Sarjana Lagi, Ini Rinciannya

Sabtu, 05 November 2022 : 14.23
Rektor Unand, Prof Yuliandri saat mewisuda salah satu lulusan pada Wisuda Kelima Unand 2022, Sabtu (5/11) di auditorium kampus tersebut. (ist)

Padang, Analisakini.id-Universitas Andalas (Unand) mewisuda 1.141 orang lulusannya, Sabtu (5/11/2022) di auditorium kampus tersebut.

Adapun dari lulusan di Wisuda kelima tahun ini terdiri dari, program diploma tiga sebanyak 19 orang, sarjana 797 orang, profesi 179 orang, magister 128 orang, spesialis 9 orang dan doktor sebanyak 9 orang.

Dalam pidatonya, Rektor Unand, Prof. Yuliandri mengatakan kepada para lulusan agar modal ilmu yang telah digali di Unand bisa dikembangkan lagi. Apalagi saat ini zaman penuh tantangan yang mesti ditaklukkan oleh para sarjana.

"Teruslah mengembangkan diri, jangan sekali-kali saudara takut akan gagal. Sebab, gagal adalah pelajaran sangat berharga untuk sebuah kesuksesan. Jangan pernah berhenti jika anda tersandung kegagalan, sebab jika kita berhenti berusaha sebelum mencapai sukses maka kegagalan lah yang akan menjadi garis takdir saudara," kata rektor dalam pidatonya.

Oleh karena itu, teruslah berusaha sekuat tenaga bermodal ilmu pengetahuan yang dimiliki, karena jika ilmu terus dikembangkan niscaya sukses akan diraih dalam berbagai profesi apapun.

"Selamat atas gelar akademik beserta hak yang melekat pada gelar, semoga semua lulusan dapat menggunakan ilmu dan gelar itu untuk kebaikan dan kemaslahatan orang banyak," kata rektor.

Yuliandri juga mengingatkan, sebagai seorang sarjana, para lulusan Unand ikut memikul tanggung jawab keilmuan untuk memajukan tingkat kehidupan masyarakat, bangsa dan negara Indonesia.

"Di tengah berbagai perubahan yang ada, tantangan kehidupan masyarakat di masa depan yang semakin berat. Oleh karena itu, bangunlah kepedulian 

dalam diri, peka terhadap kehidupan masyarakat, serta dedikasikan ilmu untuk membantu masyarakat, terutama masyarakat lemah," ulasnya.

Selanjutnya, dia juga meminta kepada para wisudawan, terutama pada jenjang pendidikan sarjana, diploma, spesialis dan profesi, yang nanti mulai bekerja, melanjutkan studi, atau membuka lapangan kerja sendiri, diharapkan memberikan informasi dan menyampaikan ke almamater, sesuai dengan aplikasi yang telah ada.

"Hal ini penting diingatkan, karena kesuksesan para lulusan juga akan menjadi prestasi bagi institusi terutama dalam melakukan penelusuran terhadap alumni," katanya.

Dari data yang ada, untuk jumlah lulusan sarjana atau S1 terbanyak terdapat di Fakultas Pertanian dan Fakultas Matematika dan IPA dengan jumlah lulusan masing-masing sebanyak 105 orang.

Sementara lulusan Fakultas Kedokteran Unand kali ini untuk jenjang sarjana berjumlah 38 orang, profesi 68 orang, magister 12 orang, spesialis 9 orang dan doktor sebanyak 2 orang.

Fakultas Farmasi juga menjadi fakultas yang banyak meluluskan mahasiswa di wisuda kali ini, terutama di jenjang profesi dengan jumlah lulusan mencapai 97 orang.

Pada rangkaian acara wisuda Unand itu juga disampaikan raihan prestasi yang  diperoleh baik peringkat lulusan, dan prestasi lain yang diraih selama masa studi (akademik dan non akademik). (wy)



Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved