arrow_upward

REVITALISASI PASAR RAYA FASE VII DIMULAI, Hendri Septa: Alhamdulillah Pedagang Mendukung

Selasa, 22 November 2022 : 17.26
Walikota Hendri Septa bersama para pedagang kios dan PKL di Fase VII Pasar Raya. Sekdako Andree Algamar ikut mendampingi Wako dan sejumlah pejabat lainnya. (humas)

Padang, Analisakini.id-Revitalisasi Pasar Raya Padang fase VII saat ini sudah mulai berangsur dilakukan. 

Seperti diketahui, pusat perbelanjaan yang sempat rusak akibat gempa 2009 itu, bakal dibangun ulang menjadi lebih representatif berkat bantuan dana Detail Engineering Design (DED) dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR. 

Anggarannya diperkirakan mencapai Rp104 miliar untuk membangun gedung 3 (tiga) lantai disertai 1 (satu) semi basement.Sebagai tahap awal, Pemerintah Kota Padang akan melakukan relokasi bagi seluruh pedagang di kawasan tersebut.

"Alhamdulillah, hari ini kita jajaran Pemerintah Kota Padang bersama unsur Forkopimda meninjau langsung Pasar Raya Fase VII untuk memastikan ketersediaan tempat relokasi, sekaligus mensosialisasikan niatan pembangunna ini kepada pedagang. Kita bersyukur, para pedagang menyambut baik dan menyetujui upaya ini," ungkap Walikota Hendri Septa sewaktu meninjau Pasar Raya Padang Fase VII, Selasa (22/11/2022).

Dalam kesempatan itu terlihat para pedagang Pasar Raya Fase VII baik pemilik toko dan PKL menyatakan menyambut baik dan menyetujui upaya revitalisasi tempat mereka berdagang tersebut.

"Insya Allah, dalam beberapa hari ke depan kita akan buat kesepakatan bersama antara Pemko dengan pedagang. Inti dari kesepakatan itu adalah para pedagang dan PKL yang berjualan di Fase VII ini menyatakan setuju untuk dipindahkan sementara selama proses pembangunan berlangsung," terangnya.

Semuanya akan dipindahkan sementara berjualan di kawasan Pertokoan IPPI samping Balai Kota lama dan juga di Blok II dan Blok III.

Lebih lanjut Wako Padang menyebut, adapun untuk pedagang yang akan menempati Fase VII nantinya yaitu bagi pedagang kios sebanyak 288 dan PKL lebih kurang 700-an.

"Semua pedagang kios dan PKL di Fase VII saat ini sudah kita catat nama dan tokonya. Mereka semua kita pastikan akan menempati gedung baru Fase VII nantinya. Kita sudah kunci, jadi setelah bangunan ini selesai tidak ada lagi pedagang baru yang berjualan di sana," tegas Wako Hendri Septa.

Wako Hendri mengungkapkan upaya ini merupakan penantian panjang dan angin segar khususnya bagi pedagang yang berjualan di Fase VII. 

"Semoga dengan itu wajah Pasar Raya akan berubah di masa datang. Begitu juga pedagang akan menempati bangunan tempat berjualan yang lebih representatif, tertata dan nyaman. Mari kita bersama-sama membantu mewujudkan impian ini," pungkas orang nomor satu di Padang bersemangat.

Dalam kesempatan itu hadir mendampingi Walikota, Sekda Andree Algamar bersama para Asisten dan sejumlah kepala OPD terkait di lingkup Pemko Padang.(***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved