arrow_upward

PELAKSANAAN TMMD KE-115 DI KAMPUNG PAINAN SELATAN, Jalan Baru Sukses Dibuka, Masyarakat Bahagia

Rabu, 09 November 2022 : 17.22

 

Dansatgas TMMD ke-115 Kodim 0311/ Pessel Letkol Inf. Moch Suherli serahkan berita acara pelaksanaan TMMD kepada Bupati Rusma Yul Anwar. (ist).

Painan Selatan, Analisakini.id-"Sudah lama kami mendambakan jalan ini. Sebab sangat dibutuhkan warga. Kini sudah terbuka dan masyarakat terbantu benar. Terima kasih, Pak tentara. Terima kasih pemerintah. Tanpa TMMD entah sampai kapan jalan ini dibuka," ujar Yudi, seorang masyarakat setempat.

Jalan sepanjang 5,5 km itu, sukses dibuka berkat gotong royong prajurit TNI dengan masyarakat setempat. Jalan baru dari Kampung Painan Selatan-Kampung Sungai Nipah di Bukit Kabun Taranak itu benar-benar dibutuhkan warga sekitar.

Selain pembukaan jalan baru, TMMD juga sukses membangun lima unit unit gorong-gorong dan renovasi 14 unit Rumah tidak Layak Huni (RTLH), 9 di antaranya biayanya dari Badan Amil Zakat Nasional Pesisir Selatan.

TMMD itu resmi ditutup, Rabu (9/11/2022) di halaman Kantor Bupati Pesisir Selatan oleh Wadan Lantamal II Padang Kol. Mar Andi Prasetyo. Dihadiri langsung Bupati Rusma Yul Anwar, Kasilog Kol Inf. Akmil dan Kasiops Kol. Inf.Ahmad Fikri Dalimunthe. Forkopimda Pessel, dan Kepala OPD, serta Dinas PMD Sumbar.

Pada acara penutupan itu, Dansatgas TMMD ke–115 Kodim 0311/ Pessel Letkol Inf. Moch Suherli yang juga Dandim 0311/Pessel menyampaikan laporan kegiatan TMMD ke – 115 Kodim 0311/ Pessel.

Kol Mar Andi Prasetyo yang bertindak sebagai inspektur upacara), menyebut TMMD  ke-115 ini merupakan bagian operasi bhakti TNI berakselerasi bersama Pemkab Pesisir Selatan, dan instansi terkait yang ada di wilayah Kodim 0311/ Pessel.

"TMMD adalah warisan budaya leluhur terdahulu yang mesti dilanjutkan karena mengedepankan kerja gotong – royong. Ini juga sejalan tema pelaksanaan TMMD kkali ini yaitu TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI," terangnya.

Para petinggi TNI, aparat pemeritah dengan latar belakang jalan baru yang dibuka lewat TMMD. (ist).

Bupati Pessel Rusma Yul Anwar, Kol Mar Andi Prasetyo dan pejabat TNI lainnya, termasuk pejabat Pemprov Sumbar bersama perwakilan warga usai diserahkan kunci rumah. (ist).

Dia mengapresiasi semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan TMMD ke–155. Untuk itu, apa telah dilakukan dalam pelaksanaan TMMD, baik fisik dan nonfisik bisa dijaga dan dirawat untuk kepentingan masyarakat, serta sasaran nonfisik bisa memberikan dampak dalam membangun karakter masyarakat dan pemuda.

Acara penutupan TMMD ke-115, ditandai penandatanganan laporan pelaksanaan oleh Dansatgas TMMD ke-115 Kodim 0311/ Pessel Letkol Inf. Moch Suherli sekaligus pemukulan gong oleh Kol Mar Andi Prasetyo sebagai akhir dari pelaksanaan TMMD ke -115 Kodim 0311/Pessel.

Ditambahkan Kabid SDA dan TTG, Vera Irawati. ST, MM, TMMD di sana, tidak saja sukses membuka jalan baru dan sejumlah pekerjaan fisik lainnya, juga ada kegiatan nonfisik seperti ceramah wawasan kebangsaan, ceramah kesadaran bela negara, ceramah kesehatan, ceramah program Keluarga Berencana, ceramah Kamtibmas.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sumbar, Amasrul, SH menuturkan TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Polri, pemerintah serta segenap lapisan masyarakat untuk membantu meningkatkan pembangunan fisik dan nonfisik di pedesaan/nagari. (***)







Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved