arrow_upward

Jaga Stabilitas Harga dan Pasokan 40 Ton Pangan Dikirim ke Mentawai

Kamis, 24 November 2022 : 17.17

 

Gubernur diwakili Kadis Pangan Sumbar Efendi bersama Kepala Bapanas diwakili Kepala Biro Perencanaan, Kerja Sama, dan Hubungan Masyarakat Prof. Risfaheri, Pj. Bupati Mentawai Martinus Dahlan dan pejabat lain saat pengiriman bahan pangan. (humas)

Padang, Analisakini.id-Sebanyak 40 ton bahan pangan dikirim ke Kabupaten Kepulauan Mentawai untuk menjaga stabilitas harga di sana. Pengiriman terlaksana berkat kerja sama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar dengan Badan Pangan Nasional (Bapanas).

Pengiriman secara resmi dilakukan oleh Kepala Bapanas diwakili Kepala Biro Perencanaan, Kerja Sama, dan Hubungan Masyarakat Prof.Dr.Ir. Risfaheri, M.Si di halaman Kantor Dinas Pangan Sumbar, Kamis (24/11/12022).

Bahan pangan yang dikirim itu adalah  beras, gula, minyak goreng, tepung terigu, telur, cabe merah dan bawang merah dengan tujuan Tuapejat, Sikakap dan Siberut.

Menurut Risfaheri, pengiriman pangan ke Kepulauan Mentawai sebagai bagian dari program fasilitasi distribusi pangan daerah dengan tajuk Bahan Pangan Satu Harga di Kepulauan Mentawai. Apalagi di Mentawai harga pangan relatif tinggi sehingga pemerintah perlu melakukan intervensi sehingga harga pangan stabil.

Menurut dia, fasilitasi distribusi pangan dilaksanakan dalam rangka menjaga pasokan pangan dan stabilisasi harga di daerah rawan pangan, termasuk di Kepulauan Mentawai.

Dia mengakui, fasilitasi distribusi pangan dari daerah surplus ke daerah yang kurang merupakan bagian dari tugas Bapanas. Seperti mengkoordinasikan, merumuskan, dan menetapkan kebijakan terkait ketersediaan pangan, stabilisasi pasokan dan harga pangan.

Sedangkan Gubernur Sumbar diwakili Kepala Dinas Pangan H. Efendi, menjelaskan atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, dia mengapresiasi Bapanas yang telah memberikan dukungan untuk Mentawai. Dan berharap kolaborasi ini bisa terus berlanjut hingga 2023.

Kepala Bapanas diwakili Prof.Risfaheri diskusi dengan Kepala Dinas Pangan Sumbar Efendi dan Pj. Bupati Mentawai Martinus Dahlan. (ist).

"Adanya kegiatan seperti ini mudah-mudahan bisa membantu masyarakat untuk bisa membeli bahan pangan dengan harga yang terjangkau, baik ketika menyambut hari besar keagamaan nasional maupun terus menerus, berkelanjutan," kata Efendi didampingi Kabid Distribusi dan Cadangan Pangan, Dinas Pangan Sumbar, Donna Gracia Jorie.

Penjabat Bupati Kepulauan Mentawai Martinus Dahlan, juga menyampaikan apresiasi kepada gubernur dan jajaran Bapanas yang telah memfasilitasi hingga terwujudnya bahan pangan satu harga di Mentawai.

"Kami berharap kegiatan ini dapat membantu masyarakat dalam menyambut Natal dan Tahun Baru Masehi. Semoga berkelanjutan dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Mentawai,” kata Martinus.

Apalagi di Mentawai, sambung Martinus, memang tinggi cost untuk bahan pangan. Cabe, bawang, beras, gula sehingga dengan adanya bantuan pangan ini meringankan beban warga Mentawai. 

Dalam kesempatan itu hadir juga petinggi Bulog, OPD terkait Pemkab Mentawai dan sejumlah pejabat lainnya. (***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved