arrow_upward

SUMBAR TUAN RUMAH HARKOPNAS 2023 DILAUNCHING, Jadikan Koperasi Kekuatan Ekonomi Dominan di Indonesia

Jumat, 28 Oktober 2022 : 17.53
Gubernur diwakili Asisten II Setdaprov Wardarusmen, Ketum Dekopin Nurdin Halid dan Ketua Dekopinwil Sumbar Hendra Irwan Rahim teken tombol dalam melaunching penetapan Sumbar tuan rumah Harkopnas 2023. (ist).

Padang, Analisakini.id-Sumatera Barat (Sumbar) resmi menjadi tuan rumah puncak peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopas) pada 2023. Peresmian itu ditandai dengan penekanan tombol oleh tiga pejabat penting saat melauching Harkopnas 2023 itu, Jumat (28/10) di auditorium gubernuran.

Tiga pejabat penting itu masing-masing Ketum Dekopin Nurdin Halid, Ketua Dekopinwil Sumbar Hendra Irwan Rahim dan Gubernur Sumbar diwakili Asisten II Setdaprov Wardarusmen.

"Sumbar ditetapkan sebagai tuan rumah, setelah pelantikan pengurus Dekopinwil Sumbar akhir tahun lalu dibawa rapat ke pusat. Dan yang menguatkan adalah Gubernur Sumbar sangat mendukung dan siap memback up pelaksanaan alek nasional itu," kata Ketum Dekopin Nurdin Halid.

Nurdin menjelaskan, Bapak Koperasi Bung Hatta sekaligus proklamator adalah putra Sumbar. Cita-cita Bung Hatta, adalah menjadikan koperasi soko guru perekonomian. Menjadikan koperasi kekuatan ekonomi dominan di Indonesia, sehingga aspek pemerataan dan keadilan kental di tengah masyarakat.

"Untuk membumikan itu, dalam puncak Harkopnas juga diadakan seminar dengan melibatkan tiga unsur pemerintah, pengusaha dan koperasi. Kita undang calon presiden, dan bedah visi misinya terkait pembangunan koperasi. Yang pas itulah, komunitas koperasi menjatuhkan pilihan," katanya.

Ketua Dekopinwil Sumbar Hendra Irwan Rahim, tidak menampik, komitmen dan perhatian Gubernur Sumbar Mahyeldi terhadap koperasi, memantapan pusat memilih Sumbar sebagai tuan rumah. Gubernur berharap betul cita-citanya diimplementasikan dalam keseharian sehingga membuat Bung Hatta tersenyum.

"Saat Harkop provinsi, Juli lalu, Gubernur sempat menegur Kepala Dinas Koperasi dan UKM, karena hanya memajang baliho dan spanduk dengan foto Bung Hatta dalam kondisi tidak tersenyum," sebut Hendra.

Kegiatan yang akan digelar antara lain, seminar,  rakernas, expo, temu bisnis, renungan suci dan berbagai lomba. Banyaknya agenda, agar Harkopnas bergema di kampung Bapak Koperasi.

Sedangkan Gubernur diwakili Asisten II Setdaprov Wardarusmen menjelaskan pemprov Sumbar komit dan peduli dengan koperasi. Salah satu indikatornya, koperasi tumbuh, sehat dan memberikan dampak nyata kepada perekonomian daerah. 

Hadir juga sejumlah pengurus Dekopin, Dekopinwil Sumbar dan ketua Dekopinda kabupaten/kota, termasuk bupati/walikota, forkopinda, BUMN dan pelaku koperasi dan UMKM lainnya. (ef)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved