arrow_upward

Peringati 61 Tahun Berdiri Pramuka Sumatera Barat Mengabdi Tanpa Batas Membangun Bangsa

Kamis, 20 Oktober 2022 : 07.42
Wagub Audy Joinaldy hadiri peringatan Hari Lahir Pramuka Sumbar. (ist)


Solok, Analisakini.id-Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat menggelar Apel Massal dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-61, di Lapangan Merdeka Kota Solok, Rabu (19/10/2022).

Sebelumnya peringatan Hari Pramuka dibuka dengan semarak "Malam Tuah Sakato" sebagai event pembukaan pada Selasa malam (18/10/2022). Rangkaian Peringatan Hari Pramuka kemudian dilanjutkan Apel massal yang dimeriahkan pertunjukan seni oleh seluruh peserta Pramuka dari SD dan SMP se-Kota Solok, serta penampilan marching band dari Praja IPDN. 

Sebagai puncak rangkaian peringatan, kegiatan itu dilanjutkan dengan pelaksanaan Giat Prestasi Daerah (GPD) Sumbar 2022 hingga 21 Oktober nanti di Bumi Perkemahan Pulau Belibis, Ampang Kualo, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok. 

Tak hanya itu, Kemeriahan peringatan Hari Pramuka ini juga dihadiri Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Bachtiar Utomo, Ketua Komisi Kesakaan Sako dan Gugus Dharma Yuniar Luthfi, ketua-ketua Kwartir Cabang Se-Sumatera Barat, Timbalan Ketua Pesuruhjaya Pengakap Negeri Sabah Malaysia dan 1500 Pramuka Penggalang dari 19 kabupaten dan kota.

Sejak usia dini, Pramuka sudah melekat dalam pendidikan sekolah yang dimulai dari sekolah dasar. Sebagai bentuk pengabdian dalam kode kehormatannya, Pramuka memegang teguh Dwi Satya dan Dwi Darma untuk Pramuka Siaga, serta Tri Satya dan Dasa Dharma untuk bagi Pramuka golongan lainnya. Kode-kode kehormatan tersebut menekankan pentingnya bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang Salah satunya diwujudkan dengan saling menolong tanpa membedakan suku, agama, ras, dan antar golongan.

Pada rangkaian Peringatan Hari Pramuka itu, Ketua Kwarda 03 Sumbar, Audy Joinaldy memberikan apresiasinya atas sumbangan Gerakan Pramuka dalam banyak hal, salah satunya dalam mengatasi dan menanggulangi wabah Covid-19 melalui kegiatan Gerakan Kedisiplinan Nasional dan ketaatan terhadap protokol Kesehatan.

"Hal yang telah kakak adik lakukan selama ini semoga menjadi ladang dan amal bakti kakak dan adik semua. Disamping itu, dalam peringatan kali ini saya berharap kakak adik sekalian bisa meningkatkan dedikasinya dalam semua aktivitas di berbagai bidang lainnya. Serta mencapai prestasi sebaik-baiknya dalam bidang yang kakak adik tekuni,” kata Audy.

Serupa dengan yang disampaikan Ketua Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat itu, Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Bachtiar Utomo juga mengingatkan kembali perlunya mengeratkan persaudaraan dan rasa saling tolong menolong. 

Ia juga memotivasi Pramuka Penggalang untuk turut serta unjuk kebolehan dalam berbagai event-event kepramukaan yang akan datang, baik dalam skala nasional maupun Internasional.

“Untuk itu perlu diingat bahwa gerakan Pramuka merupakan unsur penting dalam bersatu-padu membangun ketangguhan bangsa dengan menjunjung persaudaraan untuk mencapai tujuan kita bersama," ujar Bachtiar.

Melihat kemeriahan peringatan Hari Pramuka tingkat Sumatera Barat itu, Bachtiar berharap Sumbar bisa berpartisipasi mengirimkan kontingen terbaiknya pada Jambore Dunia di Korea Selatan pada 2023 nanti. (***)


 


Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved