arrow_upward

Guspardi Gaus Dorong Masyarakat Aktif Berpartisipasi Sukseskan Pemilu 2024

Senin, 31 Oktober 2022 : 20.02

 

Guspardi Gaus.

Padang, Analisakini.id-Anggota Komisi II DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Guspardi Gaus, kembali mengadakan sosialisasi pendidikan bagi pemilih dalam rangka mengajak masyarakat berpartisipasi aktif dan ikut terlibat dalam mendukung suksesnya Pemilu Serentak 2024.

Menurutnya, dari hasil survey Indonesia Political Opinion (IPO) yang dilakukan pada 23-28 Mei 2022 menunjukkan hanya 43 persen masyarakat yang tahu pelaksanaan pemilu 2024. Ini tentu memprihatinkan. 

"Makanya Komisi II DPR secara intensif bekerjasama dengan KPU menyelenggarakan sosialisasi mengenai pemilu 2024 untuk menyebarkan informasi terkait dengan pemilu secara lebih luas kepada masyarakat, "ujar Guspardi, Minggu (30/10/2022).

Sosialisasi dan pendidikan pemilih bagi masyarakat yang mempunyai hak pilih dimaksudkan agar masyarakat dapat mengetahui informasi tentang kepemiluan dan tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk aktif dalam Pemilu. Selanjutnya adanya upaya masyarakat untuk terlibat dalam setiap tahapan Pemilu.

Legislator dapil Sumatera Barat 2 ini mengatakan masyarakat dapat terlibat dalam setiap tahapan Pemilu baik sebagai pemilih, penyelenggara, maupun sebagai peserta pemilu. 

Sebelum pemungutan suara dilaksanakan, masyarakat yang punya hak pilih harus memastikan terdaftar sebagai pemilih dan paham hak dan kewajibannya serta mengetahui kapan pemungutan suara dilaksanakan.

Kemudian harus tahu siapa saja calon  yang berkontestasi berikut rekam jejaknya atau track recordnya. Pilihlah calon yang bisa mewakili aspirasi masyarakat. Teliti betul kiprah, kapasitas dan kapabilitas calon yang akan dipilih. 

Jangan pula terpengaruh dengan iming-iming sejumlah uang untuk memilih seseorang. Tolak uangnya dan pilih berdasarkan hati nurani. 

"Berikutnya masyarakat juga harus mengetahui tata cara menggunakan hak suara dengan benar, tambah Pak GG.

Oleh karena itu, diharapkan informasi yang diperoleh dari sosialisasi pemilu  tidak hanya berhenti dalam forum ini, tetapi harus ditularkan dan diteruskan  kepada masyarakat lainnya sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat luas. 

"Mari sambut ajang pesta demokrasi dalam pemilu 2024 guna mendorong terciptanya pemilu yang berkualitas dan berintegritas, serta pemilih yang berdaulat" pungkas anggota Baleg DPR tersebut. (***)




Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved