arrow_upward

UNTUK PROGRAM MAGANG MAHASISWA, Unand Kerja Sama dengan 16 Media Massa

Kamis, 01 September 2022 : 16.50

 

Penandatanganan perjanjian kerjasama antara Unand dan media massa di Sumbar, Kamis (1/9) di ruang senat Unand. (ist)

Padang, Analisakini.id-Universitas Andalas (Unand) menjalin kerjasama dengan 16 media massa di Sumatera Barat (Sumbar) untuk program magang mahasiswanya. Perjanjian kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan kerjasama pihak Unand bersama para pimpinan media massa di Sumbar, Kamis (1/9) di kampus tersebut.

Wakil Rektor I Unand,  Prof. Mansyurdin pada kesempatan itu mengatakan kalau program dengan bekerjasama dengan media massa di Sumbar ini merupakan dukungan Unand untuk program magang bersertifikat yang merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Adapun media massa yang terlibat, yaitu Tribun Padang, Radio Classy FM, Harian Umum Rakyat Sumbar, Padang Ekspres, Klik Positif, Langgam, Posmetro Padang, Khasanah, RRI Padang, Padang TV, Harian Singgalang, Harian Haluan, Infosumbar, Antara Sumbar, dan Arunala.com, dan TVRI Sumbar.

Mansyurdin dalam sambutannya juga menyoroti potensi mahasiswa untuk dapat terjun di dunia media. 

“Kegiatan kemahasiswaan selama ini hanya bersifat hobi. Tapi, kami melihat potensi tinggi mahasiswa yang dapat diintegrasikan dan dapat diakui secara akademik," katanya.

Melalui program MBKM magang bersertifikat, kata WR I, diharapkan mahasiswa dapat menyalurkan potensi-potensi tersebut. 

"Unand berterima kasih pada media-media yang mau menerima kerjasama terkait hal ini," ujar Mansyurdin.

Selain itu, Unand juga menyatakan kesiapan untuk membiayai magang mahasiswa di media. 

“Seluruh biaya magang ditanggung oleh Unand. Kepada teman-teman media, jangan ragu untuk menempatkan mahasiswa kami di luar kota, karena Unand akan menanggung biaya sesuai dengan standar yang telah ditetapkan,” tambahnya.

Dalam diskusi yang dilakukan antara Unand dengan media, dibahas beberapa hal terkait pelaksanaan magang.

Di antaranya, menekankan batas minimal semester mahasiswa yang mengikuti kegiatan magang adalah semester 6, dikarenakan pada semester tersebut mahasiswa dirasa sudah mampu dan memiliki pengetahuan yang cukup untuk turun ke dunia kerja. 

Sementara itu, syarat IPK minimal mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan ini yang tertuang pada peraturan rektor yaitu minimal 2.75, akan ditinjau kembali dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan di perusahaan media. (ef)



Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved