arrow_upward

Peranan Perguruan Tinggi Sangat Penting Wujudkan Wirausaha Nasional

Minggu, 11 September 2022 : 18.26

Hj. Nevi Zuairina

Padang, Analisakini.id-Anggota DPR asal Sumatera Barat II, Hj. Nevi Zuairina pada Konferensi Internasional yang digelar Universitas Andalas (Unand), Padang, bekerjasama dengan berbagai lembaga termasuk Kementerian BUMN bicara tentang betapa pentingnya perguruan tinggi berperan mewujudkan pertumbuhan wirausaha nasional.

Legislator PKS ini mengatakan, universitas merupakan stok SDM yang sangat mumpuni dan berkualitas dalam mempersiapkan diri untuk terjun di berbagai sektor mulai dari ilmu pengetahuan hingga kewirausahaan.

 “Masalah yang umumnya dihadapi oleh negara berkembang seperti Indonesia adalah tingginya tingkat kemiskinan dan pengangguran, rendahnya tingkat kesejahteraan dan pendidikan, mahalnya harga pangan dan kesehatan. Cara untuk mengatasi masalah-masalah tersebut salah satunya diperlukan peran kewirausahaan dalam perekonomian Indonesia yang diampu oleh SDM berkualitas lulusan perguruan tinggi”, urai Nevi.

Politisi perempuan Sumbar yang duduk di Komisi VI ini menjelaskan,  lapangan kerja baru yang diwujudkan oleh lulusan perguruan tinggi,  diharapkan dapat mengurangi pengangguran dan kemiskinan sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat. Bila kondisi ini dapat diwujudkan, akan membantu perputaran perekonomian di Indonesia.

Nevi menambahkan untuk mendorong perwujudan kewirausahaan, pemerintah telah menyiapkan berbagai dukungan seperti program pelatihan, dukungan akses pembiayaan yang murah hingga pendampingan untuk UMKM naik kelas.

“Pembiayaan selama ini menjadi tantangan yang kerap ditemui pelaku UMKM. Oleh sebab itu pemerintah menyediakan akses dana murah seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan suku bunga relatif kecil yakni 3%. Sementara untuk koperasi tersedia pendanaan khusus dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) yang merupakan Badan Layanan Umum di bawah koordinasi Kemenkop UKM”, jabar Nevi.

Nevi yang juga anggota Badan Anggaran DPR ini menerangkan, target penambahan wirausaha baru hingga 1,5 juta tidaklah mudah. Untuk itu, dibutuhkan kerja sama dan sinergi dengan berbagai pihak termasuk dengan perguruan tinggi. Sehingga, menurutnya, semua pihak perlu  mendorong peningkatan wirausaha di Indonesia sehingga di tahun 2022,  rasio kewirausahaan dapat meningkat menjadi 3,75%.

“Saya berharap, kita semua berharap, jumlah wirausahawan muda di Indonesia makin meningkat dipasok oleh perguruan tinggi. Jika ini terealisasi, makan akan banyak terbuka lapangan kerja, dan berdampak pada perbaikan ekonomi Indonesia”, tutup Nevi.(ef)



 



Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved