arrow_upward

Nevi Zuairina Lakukan Berbagai Sosialisasi dan Pelatihan untuk Pengembangan UMKM

Minggu, 18 September 2022 : 09.39
Nevi Zuairina memberikan materi.

Bukittinggi,Analisakini.id-Anggota Komisi VI DPR Fraksi PKS Nevi Zuairina melakukan pekan sosialisasi dan pelatihan di daerah pemilihannya Sumatera Barat II untuk mengembangkan UMKM. Pelatihan yang dilakukan legislator ini berupa pengetahuan mulai dari pengetahuan aturan persaingan usaha, pengetahuan literasi keuangan, pengetahuan cara akses pembiayaan pemerintah, pengetahuan tentang SNI (Standar Nasional Indonesia).

“Pelatihan-pelatihan untuk berbagai UMKM banyak sekali manfaatnya. Mulai dari pengembangan lembaga hingga pengembangan pribadi. Diharapkan, peserta setelah menjalani sosialisasi dan pelatihan, akan menerapkan di usahanya untuk memperbaiki organisasi atau lembaga usaha maupun peningkatan keterampilan dalam pengelolaan usaha, pemasaran, akses permodalan maupun peningkatan kualitas produknya”, urai Nevi.

Politisi PKS ini menjabarkan, kegiatan Sosialisasi maupun Pelatihan untuk UMKM ini secara tidak langsung mendorong kualitas SDM kita di sektor perekonomian. Kita mengetahui bahwa UMKM telah menyumbang pertumbuhan ekonomi Indonesia terbesar yang membuat negara ini kokoh diterpa pandemi selama lebih dua tahun.

Dihadiri ratusan peserta.


Semua peserta di berbagai titik pertemuan sosialisasi maupun pelatihan sangat berterima kasih kepada ibuk Nevi, karena telah memfasilitasi program ini karena sangat memberi manfaat. Mereka mengaku semua pengetahuan yang di dapat telah memberi wawasan baru bagaimana mengelola usaha yang baik, terutama persoalan pengelolaan keuangan. Bahkan bagaimana etika berusaha pun didapat agar para pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya berlaku sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Semua sosialisasi dan pelatihan ini dilakukan oleh proksi pemerintah, mulai dari BUMN, KPPU (komisi Pengawas Persaingan Usaha) hingga BSN (Badan Standardisasi Nasional). Dengan bekerja sama dengan anggota DPR, insha Allah akan mendapat masukan peserta yang tepat sesuai kebutuhan karena banyak sekali aspirasi yang disampaikan baik ketika reses maupun ketika kunjungan Dapil. Semua dapat terfasilitasi dan terpenuhi dengan lebih mudah ketika pemerintah turun langsung ke lapangan”, jabar Nevi.

Legislator Sumbar II ini memberi arahan pada setia peserta, agar setelah mendapat sosialisasi dan pelatihan, seluruh usaha yang dijalankan semua sehat baik dari sisi organisasi, keuangan, SDM, produk, pemasaran hingga persaingan usahanya berjalan baik sesuai aturan yang berlaku. Ketika Internal UMKM sehat, ia berharap akan lebih mudah dalam pengembangan usaha.

“Saya selalu menekankan, semua UMKM ini memiliki target waktu untuk keluar dari gelar UMKM. Mesti ada upaya pengembangan sehingga dapat UMKM bertransformasi menjadi usaha yang besar”, tutup Nevi Zuairina. (***)




 

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved