arrow_upward

Horeee...Sumbar Peroleh Kuota PPPK 2.516 Formasi

Sabtu, 17 September 2022 : 08.10

 

Ahmad Zakri

Padang, Analisakini.id-Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memastikan tahun ini akan kembali membuka penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Paling tidak ada 530.028 formasi yang akan dibuka. Dari jumlah tersebut, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) menerima jatah 2.516 formasi.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar, Ahmad Zakri menyebutkan, jumlah formasi yang dibuka untuk Pemprov Sumbar tersebut sedikit di bawah kuota yang diajukan sebelumnya, yakni 2.537 formasi.

“Semula kan kami mengajukan 1.829 formasi. Namun, terjadi perubahan, dan kuotanya ditambah menjadi 2.537 formasi. Nah, yang akhirnya disetujui pusat 2.516 formasi,” katanya.

Dijelaskannya, penerimaan PPPK tahun ini, pemerintah masih fokus pada formasi tenaga guru. Di mana dari 2.516 formasi, 1.927 formasi diperuntukkan bagi tenaga guru. Sementara sisanya, tenaga kesehatan sebanyak 384 formasi dan tenaga teknis 205 formasi.

Kendati sudah mengumumkan jumlah formasi, namun hingga kini, menurut Ahmad Zakri, pemerintah pusat belum menetapkan jadwal penerimaan. Di samping itu, pihaknya juga masih menunggu petunjuk dan arahan lebih lanjut terkait pelaksanaan teknis rekrutmen PPPK tahun 2022. Termasuk juga yang berkaitan dengan skala prioritas bagi tenaga honorer.

Seperti diketahui, pemerintah memprioritaskan penerimaan PPPK bagi tenaga honorer yang telah bertahun-tahun mengabdi. Hal ini juga tak terlepas dari kebijakan pemerintah yang akan menghapuskan tenaga honorer terhitung mulai November 2023.

“Belum jelas seperti apa prioritasnya. Apakah nanti skemanya tenaga honorer guru yang tahun lalu telah lulus pasing grade akan langsung diangkat atau tetap melalui ujian dulu, itu yang belum pasti. Saat ini, kami masih menunggu teknis pelaksanaanya,” kata dia. (***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved