arrow_upward

Hari Jadi Sumbar ke-77 akan Dihadiri HM Jusuf Kalla

Kamis, 29 September 2022 : 09.00

 

HM Jusuf Kalla.

Padang, Analisakini.id- Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Jadi Sumatera Barat ke -77, sidang Paripurna DPRD  Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) digelar pada hari Sabtu (1/10/2022), dihadiri  Wakil Presiden (Wapres) Indonesia 2004-2009 dan 2014-2019 HM. Jusuf Kalla dan rombongan juga menggelar kuliner rakyat.

“ Menurut Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2019 sidang paripurna istimewa tanggal 1 Oktober 2022 merupakan agenda wajib dalam menyambut Hari Jadi Sumbar, pada peringatan ke-77 ini, Ketua DPRD Provinsi sumbar mengundang tokoh nasional urang sumando pak DR. (H.C) Drs. H.M. Jusuf Kalla dan Prof. Dr. Asvi Warman Adam peneliti senior Badan Riset Nasional (BRIN). Juga urang awak. Kita juga menggelar kuliner rakyat di pelataran gedung untuk tamu dan umum,” ujar Sekretaris DPRD Sumbar Raflis, Rabu (28/9/2022).

Dia mengatakan, tamu-tamu undangan meliputi Forkompimda anggota DPR RI, tokoh masyarakat, bupati dan walikota, mantan gubernur serta pimpinan DPRD se kabupaten/kota.

Tidak hanya itu, lanjutnya, rombongan HM Jusuf Kalla yang terdiri dari Menteri Komunikasi dan Informatika Kabinet Kerja 2014-2019 Rudiantara, Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia Kabinet Indonesia Bersatu 2004-2007 Hamid Awaludin, sekretaris pusat organisasi Gerakan Ekonomi Budaya (Gebu) Minang Firdaus Abe akan disambut dengan tarian-tarian tradisional Sumbar. Begitupun kepala-kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Sumbar, akan hadir dalam prosesi tersebut.

“ Pada  rangkaian paripurna, ada persembahan tarian Sumbar Bangkit yang ditampilkan oleh sanggar satampang baniah. Tarian Sumbar Bangkit, merupakan tarian gabungan dari beberapa tarian tradisional Minang yang idenya  dicetus Ketua DPRD Sumbar Supardi, “ katanya.

Dia mengatakan sejak dikeluarkannya instruksi Gubernur tentang rangkaian kegiatan Hari Jadi Sumbar, Sekretariat DPRD Sumbar  terus mematangkan persiapan, di sekeliling gedung telah terpasang baliho-baliho yang berisikan semangat hari jadi Sumbar Ke-77, begitupun pemasangan tenda di pelataran dalam proses pengerjaan dengan persentase 50 persen.

Raflis.

“ Kita berharap pada tanggal 1 Oktober seluruh rangkaian khususnya di DPRD sumbar, berjalan lancar. H-1 akan dilaksanakan gladi resik untuk persiapan, “ harapnya.

Dia mengatakan pada agenda paripurna istimewa yang diperkirakan selesai pada jam 12.00 wib, akan ditutup dengan acara makan bersama di tenda yang  tersedia. Di sana akan ada berbagai jenis makanan tradisional salah satunya lamang tapi, pimpinan dan peserta rapat berkumpul bersama untuk menjalin harmonisasi, begitupun masyarakat yang hadir.

Dia menambahkan, seluruh unsur sekretariat tengah bekerja seoptimal mungkin dalam mematangkan persiapan jelang hari jadi Sumbar , diharapkan semua berjalan lancar.

Dia berharap pada Provinsi Sumbar di umur Ke-77 tahun, agar bisa lebih maju dari sebelumnya, sehingga bisa terkenal dengan industri SDM dan berkiprah di tingkat nasional. 

Untuk diketahui rangkaian hari jadi Sumbar Ke-77 mengusung tema Bangkit Lebih Kuat Menuju Sumbar Madani Unggul dan Berkelanjutan, rangkaian acara dimulai pada 1 Oktober hingga 20 Oktober, berbagai kegiatan dilaksanakan mulai dari pameran UMKM hingga konser musik. (rel)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved