arrow_upward

Bukittinggi akan Gelar Lomba Marchingband tingkat Sumatera

Rabu, 14 September 2022 : 18.32

 

Panitia lomba Bukittinggi Open Marchingband Competition (BOMC) VIII Tahun 2022 tingkat Sumatera dan Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi. (ist)

Bukittinggi, Analisakini.id-Setelah hampir tiga tahun tertunda karena suasana Pandemi Covid-19, Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi kembali menggelar lomba Bukittinggi Open Marchingband Competition (BOMC) VIII Tahun 2022 tingkat Sumatera. 

Event tahunan ini, ditandai dengan dilaksanakannya Technical Meeting I sebagai sosialisasi lomba BOMC VIII oleh panitia pelaksana di Aula Balaikota Bukittinggi Gulai Bancah, Selasa (13/9/2022).

Ketua Panitia BOMC VIII tahun 2022, M. Nur Idris, menyampaikan Tehnical Meeting (TM) ini, secara khusus diadakan untuk mensosialisasikan lomba dan penjelasan teknis kegiatan lomba Bukittinggi Open Marchingband Competition 2022 kepada calon peserta yang berasal dari unit band yang berada Kota Bukittinggi dan daerah lain di Pulau Sumatera.

“Tehnical Meeting diadakan untuk menjelaskan secara teknis lomba BOMC VIII serta memberikan gambaran devisi dan mata lomba yang akan diadakan. Termasuk didalamnya tata cara pendaftaran dan model penilain lomba. Dengan acara TM ini peserta diharapan bisa mengetahui dari awal gambaran lomba untuk persiapan unit band masing-masing peserta” ujar M. Nur Idris.

 Disebutkan, mengatakan untuk penilaian memakai sistem dan juri yang sudah dirancang oleh Asian Marchingband Comfederation (AMBC). Untuk juri BOMC tahun ini berasal dari AMBC yakni Sehat Kurniawan Saiman, Angga Kusumah, Bayu Adhitama, Ganjar Kamil dan juri dari luar negeri antara lain Kosim Suebprasitwiong (Thailand) dan Prof. Hanizah Musip (Malaysia).

Hadir dalam pembukaan tehnical meeting Walikota Bukittinggi sebagai Dewan Pembina BOMC VIII diwakili Kabid Pemuda Olahraga Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Frince Maradoni, Ketua Persatuan Drumband Indonesia (PDBI) Bukittinggi yang juga Ketua Panitia BOMC VIII M. Nur Idris, Ketua Bidang Lomba BOMC dari Perwakilam AMBC Reno Andiza, serta puluhan Kepala Sekolah dan Manager Unit Drumband dan Marchingband calon peserta BOMC.

Sementara itu, Kabid Pemuda Olahraga (PO), Frince Maradoni, menyampaikan selamat datang kepada seluruh kepala sekolah dan pimpinan unit band yang hadir dalam acara TM. Juga menyampaikan salam hormat Walikota yang tidak bisa hadir acara TM karena sedang dinas di Jakarta. 

Pemko Bukittinggi sangat mendukung pelaksanaan BOMC yang sudah menjadi event daerah setiap tahun ini. Event BOMC ini sekaligus untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Bukittinggi ke-238.

“Pemko Bukittinggi menyampaikan terima kasih atas digelarnya kembali BOMC VIII. Bapak Walikota menyampaikan salam dan terima kasih atas partisifasi pimpinan sekolah dan unit band yang akan ikut dalam lomba BOMC tahun ini. BOMC merupakan lomba event yang akan terus digiatkan sebagai dukungan dan perhatian Pemko Bukittinggi untuk kemajuan perkembangan drumband di Bukittinggi dan Tanah Air” ujar Frince Maradoni.

Sebagai wujud dukungan Pemko Bukittinggi untuk kelancaran BOMC ini,  kata Frince Maradoni, Pemko sudah menganggarkan dana untuk pelaksanaan BOMC dalam APBD bersama Anggota DPRD. Untuk hadiah lomba BOMC VIII Tahun 2022, Pemko Bukittinggi menyediakan total hadiah Rp60 juta dari seluruh mata lomba yang diadakan tahun ini.

Sementara itu, Ketua Bidang Lomba BOMC, Reno Andiza dari Asian Marchinband Confederation (AMBC), menerangkan lomba BOMC VIII diadakan dalam empat devisi yakni Devisi TK (khsusu TK di Bukittinggi), Devisi  Junior Non Logam (SD/Sederajat), Devisi Senior Non Logam (SLTP/SLTA Sederajat) dan Devisi Open Class/Umum dengan tiga mata lomba yakni Street Parade, Full Band/Display dan Drum Battle.

Reno Andiza mewakili AMBC menyampaikan penilian lomba BOMC Tahun 2002 ini memakai sistem penilaian dari standra nasional yang disusun AMBC. “Jadi ada empat katagori penilian yang akan dilakukan oleh empat juri BOMC” ujar Reno.

Untuk lokasi perlombaan BOMC VIII diadakan di Lapangan Wirabraja dan Lapangan Pendestrian Jam Gadang yang diadakan 19-20 November 2022 memperebutkan Piala Walikota Bukittinggi H. Erman Safar. Sementara untuk tema BOMC Tahun 2022 yakni “Hebat Bermain Drumband, Hebat Meraih Prestasi. (ef)




Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved