arrow_upward

WAKO PADANG HENDRI SEPTA: Perputaran Uang dari Rakernas Apeksi Rp40 Miliar Lebih

Selasa, 09 Agustus 2022 : 21.25


Hendri Septa.

Padang, Analisakini.id-Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Padang, berakhir hari ini. Ketika semua peserta kembali ke daerahnya, diperkirakan uang sebesar Rp40,145 miliar dari mereka, sudah beredar dan berputar di Kota Bingkuang ini.

“Angka itu tidak termasuk tiket pesawat yang dibeli pada biro perjalanan di Padang maupun dana pendukung dari Pemko Padang mau saat persiapan mau pun setelah kegiatannya,” kata Walikota Padang Hendri Septa, kepada wartawan di sela-sela kegiatan Apeksi di Padang, Selasa (9/8/2022).

Selama kegiatan saja, 5 – 10 Agustus 2022, perkiraan perputaran uang mencapai Rp24,146 miliar. Dasar perhitungannya, kata Hendri Septa, beredar melalui sewa hotel, sewa kendaraan, parkir, pameran di ice, pusat penjualan oleh-oleh, konsumsi, obyek  wisata, berdagangan barang dan jasa lainnya. 

Peredaran terbesar terjadi pada 7 dan 8 Agustus 2022. Masing-masing di atas Rp6 miliar. 

Uang tersebut didasarkan pada kehadiran 5.064 orang  yang hadir, lalu dari pesanan kamar hotel, rata-rata 2.500 kamar perhari, ada 500-an kendaraan yang dirental peserta, pameran di ice, pusat penjualan oleh-oleh, konsumsi, obyek  wisata, berdagangan barang dan jasa lainnya.

Selain itu, biaya yang dikeluarkan pemerintah untuk persiapan dan pelaksanaan Rakernas ke-XV Apeksi mencapai Rp15 miliar, ditambah bantuan pihak swasta sekitar Rp 1 miliar, sehingga total peredaran uang, termasuk biaya yang dikeluarkan pemerintah terkait pelaksanaan Rakernas ke-XV Apeksi adalah Rp 40,146 miliar.

“Semoga Rakernas Apeksi ini bisa menjadi sitawa-sidingin bagi masyarakat Kota Padang, khususnya dunia usaha untuk bisa bangkit kembali,” kata Hendri Septa.

Ia mengakui, kehadiran iven ini sangat penting bagi warga kota, setelah dua tahun berada dalam kondisi terpuruk akibat Pandemi Covid-19. Semoga ini menjadi momentum untuk kebangkitan. 

Sejalan pula dengan semangat peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.

Walikota Hendri Septa bersama Sekdako Andree Algamar.(Ist).

“Terima kasih kepada tamu yang sudah datang, terima kasih kepada warga kota yang sudah mendukung penuh kegiatan ini. Ini yang namanya Rakernas uai, pundi-pundi dituai,” pungkasnya dengan senyum mengembang. 

Mendagri Tito Karnavian juga memuji pelaksanaan Rakernas Apeksi XV di Kota Padang. (do).


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved