arrow_upward

TERCIPTA DI RAKERNAS APEKSI XV, Rekor Dunia Lomba Masak Rendang dan Kocok Teh Talua Peserta Walikota Terbanyak di Dunia

Selasa, 09 Agustus 2022 : 21.08

 

Walikota Padang Hendri Septa terima penghargaan rekor MURI yang diserahkan oleh Direktur Utama PT MURI Awam Rahardjo bersama Ketua Apeksi Bima Arya. (ist).

Padang, Analisakini.id-Museum Rekor Indonesia – Dunia (MURI) mengapresiasi kegiatan lomba memasak rendang dan mengocok Teh Talua (Teh Telor) yang melibatkan 98 walikota se Indonesia di Padang, Sumatera Barat, Selasa (9/8/2022), dengan rekor dunia.

"Kita apresiasi langsung dengan rekor dunia, karena melibatkan peserta dari Walikota seluruh Indonesia, 98 walikota. Belum pernah ada lomba melibatkan kepala daerah sebanyak ini di dunia,” ujar Awan Raharjo, Direktur Utama PT MURI, usai menyerahkan Rekor Dunia untuk kegiatan lomba memasak Rendang dan mengocok Teh Talua di Padang, Selasa (9/8/2022).

Lomba masak Rendang dan Mengocok Teh Talua adalah bagian dari acara non formal Rakernas Apeksi di Padang. Lomba dipusatkan di Pantai Puruih Kota Padang.

Kegiatan ini, menurut Walikota Padang Hendra Septa, dilakukan sekaligus memeriahkan Rakernas Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang sudah berlangsung sejak 7 hingga 10 Agustus 2022 di Padang.

Para Walikota se-Indonesia itu terlihat bersemangat dan antusias mengikuti lomba memasak rendang dan mengocok Teh Talua tersebut.

Walikota Padang Hendri Septa dengan teh talua buatannya. (ist).

Awan Raharjo menyebutkan pihaknya sangat mengapresiasi pelaksanaan lomba memasak rendang dan mengocok teh talua yang melibatkan para Walikota Indonesia sebagai peserta tersebut.

“Kami mengapresiasi keterlibatan para Walikota se Indonesia sebagai bentuk dukungan nyata terhadap pengembangan produk lokal di Padang, sekaligus sebagai iven lomba yang melibatkan peserta dari kalangan walikota dengan jumlah terbesar di dunia. Itu poinnya.” kata Awan.

Oleh sebab itu, sambungnya, mengapresiasi lomba yang melibatkan jumlah walikota terbanyak itu, maka MURI kemudian memberikan Rekor Dunia untuk lomba memasak rendang dan mengocok teh talua Apeksi ini.

Dengan demikian, lanjut Awan, maka lomba memasak rendang dan mengocok teh Talua di Padang akan dicatatkan sebagai lomba paling banyak melibatkan peserta walikota di seluruh dunia.

Piagam Rekor MURI diserahkan Wakil Direktur Operasional MURI Awan Rahargo kepada Ketua Dewan Pengurus Apeksi Bima Arya untuk diteruskan kepada Wali Kota Padang Hendri Septa, Selasa (9/8/2022), di Pantai Purus Padang

Menyambut itu, Ketua Dewan Pengurus Apeksi Bima Arya, menyampaikan selamat kepada Kota Padang yang mampu menjadi tuan rumah yang baik dan sukses, sekaligus mencatatkan rekor sejarah bagi Apeksi. 

"Kota Padang memang beda. Selamat kepada Wali Kota Padang dan jajaran yang telah menyelenggarakan Rakernas Apeksi XV dengan baik dan sempurna. Alhamdulillah, hari ini Kota Padang juga sukses mengukir rekor MURI melalui Lomba Marandang dan Teh Talua-nya," kata Walikota Bogor itu.

Pada kesempatan,  Walikota Padang Hendri Septa mengaku sangat bangga karena dalam rangkaian Rakernas Apeksi XV bisa menggelar Lomba Marandang dan Membuat Teh Talua yang diikuti Walikota se-Indonesia. 

"Saya berterima kasih sekali kepada semua pihak dan terkhusus bapak-ibu Walikota se-Indonesia yang telah hadir ke Padang mengikuti Rakernas Apeksi XV, sekaligus bergembira mengikuti Lomba Marandang dan membuat Teh Talua," ujarnya.

Menurut Hendri Septa, kegiatan ini menjadi catatan sejarah, karena  berhasil pecahkan rekor MURI,  di kota ini pernah Walikota se-Indonesia meracik rendang dan membuat teh telur bersama.

Dikatakan, perhelatan Rakernas Apeksi sejatinya dipersembahkan  untuk masyarakat. Berkat kehadiran tamu yang terdiri dari Walikota se-Indonesia dan rombongan yang diperkirakan mencapai 5.000 orang, diyakini  ikut membantu menggeliatkan semua sektor di Padang

Inisiatif Bally Saputra

Proses penetapan rekor dunia untuk Lomba Memasak Rendang dan Mengocok Teh Talua ini merupakan inisiatif salah satu pengusaha nasional asal Sumatera Barat Bally Saputra Datok Janosati.

Developer Apartemen Pancoran Riverside Jakarta Selatan ini yang menghubungi istri pendiri Rekor MURI Jaya Suprana, Aylawati Sarwono, meminta dukungan acara yang digagas oleh Walikota Padang Hendra Septa ini.

“Begitu ada respon dari Ibu Ayla, maka saya menghubungi Sekdako Padang Andre Algamar untuk mempersiapkan kedatangan Tim MURI. Alhamdulillah, akhirnya rekor dunia untuk lomba ini bisa dicapai,” sebut Bally Saputra.

Sebelumnya, Musium Rekor Indonesia juga telah memberikan rekor dunia bagi Restoran Minang Terbesar di Dunia The New Natrabu di Cilegon Timur, atau tepatnya berlokasi di dalam Hotel Bally Internasional yang dikelola Bally Saputra. (***)







Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved