arrow_upward

Presiden Jokowi Pakai Baju Adat Bangka Belitung di Sidang MPR Hari Ini

Selasa, 16 Agustus 2022 : 15.00
Presiden Joko Widodo mengenakan busana adat Bangka Belitung di Sidang Tahunan MPR/ dok: Setkab.

Jakarta, Analisakini.id-Presiden Joko Widodo tampak elegan mengenakan busana adat Paksian asal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam Sidang Tahunan MPR RI serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022, yang digelar pada Selasa (16/8/2022).

Pakaian adat tersebut berwarna dominan hijau dan memiliki motif “pucuk rebung”. Diketahui, motif tersebut melambangkan kerukunan, sementara warna hijau dipilih karena mengandung filosofi kesejukan, harapan, dan pertumbuhan.

Makna tersebut disampaikan Kepala Negara ketika memberikan pidatonya pada Sidang Tahunan MPR RI tersebut.

“Baju adat yang saya kenakan ini adalah baju Paksian, dari Provinsi Bangka Belitung. Dengan motif pucuk rebung yang melambangkan kerukunan dan warna hijau dipilih karena mengandung filosofi kesejukan, harapan, dan pertumbuhan,” ujar Jokowi dalam video yang diunggah di akun Twitter pribadinya, Selasa (16/8/2022).

Sementara itu, Ibu Iriana tampil anggun dengan mengenakan kebaya berwarna pink lengkap dengan hijab berwarna senada. Penampilan Ibu Iriana tersebut dilengkapi dengan kain batik berwarna cokelat.

Jokowi akan menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2022 dan pidato kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI pada Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022. Pada siang harinya, Presiden akan menyampaikan pidato dalam rangka penyampaian keterangan pemerintah atas RUU APBN Tahun Anggaran 2023 beserta Nota Keuangannya. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved