arrow_upward

Dirjen Perikanan Budidaya Tinjau Pembangunan Unit Pengolahan Pakan Ikan di Pasaman, Ini Hasilnya

Senin, 01 Agustus 2022 : 19.46

 

Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (DJPB) Dr. TB. Haeru Rahayu, A.Pi, M.Sc meninjau progres pembangunan pabrik makanan ikan di Pasaman 

Pasaman, Analisakini.id-Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (DJPB) Dr. TB. Haeru Rahayu, A.Pi, M.Sc hadir di Pasaman. dalam rangka meninjau progres pembangunan pabrik makanan ikan di Pasaman yang anggarannya bersumber dari pemerintah pusat.

Bupati Pasaman Benny Utama didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Hasrizal, Asisten  perekonomian dan pembangunan Rusben Aguswar, Kepala Dinas Perikanan M. Dwi Richi langsung menemani rombongan Dirjen tersebut ke lokasi di Beringin, Kecamatan Rao selatan.

Bupati Pasaman Benny Utama berharap pemerintah pusat bisa mendorong percepatan sektor perikanan yang ada di Pasaman.

"Dengan hadirnya Dirjen Perikanan dan Budidaya di Kabupaten Pasaman, tentunya akan dapat menjadi motifasi bagi kita dan petani ikan untuk terus serius mengembangkan budidaya ikan air tawar ini. Dimana di sektor ikan ini merupakan salah satu  ikon andalan di kabupaten Pasaman. Tentunya sektor ini  dapat mendorong perekonomian masyarakat Pasaman secara umum dan petani ikan secara khusus," kata Benny Utama.

Ditargetkan, dengan selesainya pembangunan pabrik pakan ini, nantinya akan dapat memproduksi pakan ikan yang bisa memenuhi kebutuhan lokal dengan harga yang terjangkau. Jika memungkinkan nantinya juga bisa pasarkan ke daerah lain luar Pasaman.

Sisi lain, di Pasaman, tercatat luas kolam perikanan yang tersebar di seluruh  nagari dan kecamatan seluas lebih kurang  4494 hektar dengan produksi ikan pertahun berkisar 58 ribu ton. Tentunya sangat membutuhkan pakan yang cukup dan murah, agar dapat mendorong peningkatan produksi ikan dan ekonomi petani ikan.

Sementara itu  Dirjen Perikanan Budidaya TB Haeru Rahayu menyebutkan, saat ini pihaknya sedang  mendorong di 120 kampung budidaya ikan, dari sekian banyak kampung perikanan yang ada di Indonesia. Pasaman mendapat giliran pertama untuk pencanangan kampung perikanan Nasional.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat DR. Ir. Desniarti, MM ikut Dirjen DJPB Dr. TB. Haeru Rahayu, A.Pi, M.Sc dan Direktur Pakan dan Obat Ikan Ir. Ujang Komarudin, M.Sc meninjau perkembangan pembangunan unit Pengolahan Pakan Ikan di Rao Selatan itu. Lalu dilanjutkan peninjauan ke lokasi Kampung Perikanan khususnya lokasi Pokdakan Saiyo Saelo, Sabtu (30/7/2022). (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved