arrow_upward

Percepat Layanan pada Masyarakat Wako Hendri Septa Luncurkan Si-Alek di Lubeg

Senin, 18 Juli 2022 : 14.35
Walikota Hendri Septa  meluncurkan aplikasi digital si Alek di Kecamatan Lubuk  Begalung didampingi Camat Lubeg Heriza Syafani dan para pejabat dan tokoh lainnya. (ist).

Padang, Analisakini.id-Walikota Padang Hendri Septa terus meluncurkan program yang berpihak nyata kepada warga. Salah satunya, pelayanan masyarakat di kantor kelurahan dan kecamatan yang menjadi garda terdepan. Dipercepat lewat peluncuran sistem administrasi elektronik atau Si-Alek di Kantor Camat Lubuk Begalung, Senin (18/7/2022).

"Pelayanan kepada masyarakat mesti dipercepat dan dipermudah. Inilah sesungguhnya peran pemerintah, memberikan pelayanan paripurna kepada masyarakat. Ini sangat baik dan diharapkan diadopsi oleh kecamatan lainnya, " kata Hendri Septa.

Hendri Septa pun meminta kepada aparat kecamatan kelurahan untuk benar-benar menerapkannya. Jangan hanya saat diluncurkan, proses cepat. Tapi tidak ada walikota, proses lambat. Dirinya, akan terus mengawal dan meminta warga melaporkan jika ada ASN di kelurahan dan kecamatan memperlambat pelayanan masyarakat.

Camat Lubuk Begalung Heriza Syafani dalam penjelasannya kepada Walikota Hendri Septa dan hadirin lainnya, menuturkan, aplikasi digital Si-Alek ini sangat membantu warga yang berurusan ke kantor camat mengurus surat-surat seperti surat keterangan miskin, surat keterangan pindah rumah dan lainnya.

Camat Lubeg Heriza Syafani memberikan penjelasan aplikasi digital si Alek kepada Walikota Hendri Septa. (ist).

Disebutkan, dengan aplikasi ini, warga tidak perlu menunggu berhari-hari. Sebab setelah mendatangi kantor kelurahan. Staf kelurahan langsung memproses secara elektronik dan menghubungkan dengan kecamatan. Setelah dicek oleh petugas di kecamatan, langsung terhubung dengan android Camat untuk langsung ditandatangani dan surat keterangan yang sudah ditandatangani Camat bisa dicetak di kelurahan.

"Jadi tak perlu berlama-lama. Meski Camat sedang ada tugas luar kantor. Proses penandatangan surat bisa dilakukan, tanpa mesti menunggu Camat dulu di kantor. Singkat kata, masyarakat hanya butuh sekitar 15 menit untuk mendapatkan surat keterangan yang ditandatangai Camat," jelas Heriza.

Usai memberikan penjelasan, juga dilanjutkan dengan praktik proses terbitnya surat keterangan. Salah seorang warga, Bu Eti dari kaum disabilitas mengurus surat keterangan miskin. Dengan kursi roda yang disediakan di kantor Camat, dia mendatangi loker pelayanan yang seolah-olah berada di kantor lurah Lubuk Begalung Nan XX.

ASN kelurahan menerimanya dan langsung dilink-an dengan sistem digital di kecamatan. Berkas masuk lalu diperiksa dan diteruskan pula ke android Camat untuk ditandatangani. Setelah selesai, ASN di kecamatan langsung mengirimkannya ke kelurahan Lubuk Begalung Nan XX. Tak lama, surat keterangan yang diminta selesai diprint dan diserahkan kepada Bu Eti.

"Alhamdulillah, urusan kami dipermudah. Tak repot-repot lagi pergi ke antor Camat. Cukup di kantor lurah saja menunggu. Tandatangan Camat Lubeg, sudah ada. Terimakasih Pak Wali. Terbantu benar kami dengan sistem ini," katanya.

Sebelum peluncuran aplikasi digital Si-Alek, Wako juga meresmikan Koperasi Lubeg Amanah Jaya di kantor Camat, ruang bermain anak. Paginya dilakukan apel pagi sekaligus peringatan hari ulang tahun koperasi ke-75. Tampil sebagai pembina upacara adalah Sekdako Andree Algamar. (ef)


Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved