arrow_upward

Pendaftaran Bacaleg Dibuka, PAN Optimis Menang di Padang pada Pileg 2024

Senin, 18 Juli 2022 : 22.00
Amril Amin.

Padang,Analisakini.id-Partai Amanat Nasional (PAN) Padang membuka peluang dan pendaftaran bagi anak bangsa, para tokoh dari berbagai elemen untuk menjadi bakal calon legislatif (bacaleg) hadapi Pemilu legislatif (Pileg) 2024.

"Kita bukan kran seluas-luasnya bagi masyarakat yang berminat bergabung dengan PAN menjadi bacaleg. Yang jelas, pendaftaran bacaleg ini, tidak dipungut biaya alias gratis. PAN tanpa mahar," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD PAN Padang, Amril Amin kepada wartawan, Senin (18/7/2022) di Padang.

Wakil Ketua DPRD Padang ini menjelaskan, sebagai partai yang peduli kepada kepentingan rakyat, PAN butuh figur-figur yang betul-betul berpihak kepada rakyat. Menjadi wakil rakyat, yang berjuang gigih untuk kemaslahatan rakyat.

Amril pun menyebutkan untuk pencalegan itu, porsi untuk perempuan minimal 30 persen, anak muda dan milenial 20 persen, kalangan pengusaha/pebisnis dan tokoh masyarakat 20 persen dan kader sendiri 30 persen. Tapi dari kader ada juga yang masuk kategori perempuan, pengusaha dan anak muda.

Amril menyebutkan, meski baru besok mulai dibuka pendaftaran bacaleg, jauh hari sebelumnya sudah banyak yang berminat dan bergabung ke PAN. Ini membuktikan, minat masyarakat tinggi bergabung dengan PAN. Dan cintanya ke PAN tak luntur tapi bertambah.

"Wajar banyak yang tertarik, karena kita makin kuat secara infrastruktur partai. Kegiatan yang dilakoni banyak berpihak kepada rakyat. Dan Ketua DPD PAN Padang Hendri Septa yang kini diberi amanah oleh warga Padang sebagai Walikota adalah modal untuk menggapai kemenangan pada Pileg 2024. Insyaallah, PAN kembali mengulang sejarah 1999, jawara di Padang," katanya.

Soal kriteria bacaleg, Amril menegaskan yang paling utama adalah memiliki integritas. Selain itu didukung finansial memadai dan ada waktu untuk sosialisasi ke tengah masyarakat. "Meski finansial berlebih dan waktu juga banyak, tapi integritas tak ada, mohon maaf kami tak menerimanya," kata Amril.

Terkait dengan hadirnya partai baru yang didirikan para tokoh PAN seperti Partai Ummat oleh Amien Rais, Amril menegaskan, tidak berpengaruh kepada PAN. Sebab pemilih PAN itu sudah jelas. Lagi pula, masyarakat sudah pintar memilih parpol dan caleg. Selama ini, kader PAN yang diamanahkan duduk di legislatif sudah memperlihatkan kinerja memuaskan dan tidak mengecewakan.

"Artinya rakyat tidak salah pilih. Kader PAN yang dipilih saat Pileg 2019 sesuai harapan. Dan selama ini, kita selalu mewanti-wanti, jangan abai dengan suara rakyat. Apalagi menjauh. PAN secara partai adalah dekat dengan rakyat," terang Amril. (ef)


Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved