arrow_upward

Kembangkan Bakat Jurnalistik, Unand Rancang Program Magang Bersertifikat di Media bagi Mahasiswa

Jumat, 22 Juli 2022 : 19.53

 

Unand rancang program magang bersertifikat di media massa bagi mahasiswa. (ist).

Padang, Analisakini.id- Universitas Andalas (Unand) merancang Program Magang Bersertifikat di media massa bagi mahasiswa sebagai bagian dari program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM).

"Selama ini sudah ada mahasiswa Universitas Andalas yang magang sebagai wartawan di media massa namun kurang terkonsep dengan baik, untuk ini kami sedang merancang konsep magang bersertifikat di media dengan jangka waktu magang enam bulan," ungkap Wakil Rektor I Unand Prof. Mansyurdin pada Kamis (21/7) di Ruang Rapat Senat Gedung Rektorat Kampus Unand Limau Manis Padang.

Hal itu, disampaikannya saat diskusi kelompok terpumpun bersama pimpinan media di Sumbar dan unit kegiatan mahasiswa Pers Genta Andalas. Menurutnya, salah satu aktivitas MBKM adalah program magang bersertifikasi yang bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan.

"Salah satunya adalah magang bersertifikasi di media dan ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa yang memiliki minat di bidang jurnalistik," ujarnya.

Namun karena ini adalah program magang bersertifikasi perlu dibuat konsep yang jelas mulai dari kurikulum, apa saja kegiatan yang dilaksanakan, mekanisme penilaian hingga buku catatan aktivitas harian.

"Oleh sebab itu kami membahas dan merampungkan hal tersebut bersama pimpinan media di Sumbar," kata dia. 

Prof. Mansyur menilai magang di media juga merupakan jendela bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman langsung bagaimana proses kerja menjadi seorang jurnalis.

Sementara Pemimpin Redaksi Koran Padang Ekpres Romi Delfiano menyambut baik program ini namun menekankan mahasiswa yang hendak mengikuti program ini benar-benar terseleksi yaitu mereka yang memiliki minat di bidang jurnalistik. "Jika tidak maka akan sayang saat magang tidak maksimal," kata dia.

Ia menyampaikan pada satu sisi industri media membutuhkan tenaga-tenaga andal yang siap diterjunkan ke lapangan. "Karena itu bagi yang memiliki ketertarikan dengan dunia jurnalistik ini menjadi peluang bagus," katanya yang juga merupakan alumni Unand tersebut.

Romi menyampaikan jangan sampai program magang bersertifikasi ini hanya sebatas formalitas belaka dan oleh sebab itu mahasiswa yang akan ikut harus paham sejak awal soal dunia jurnalis.(***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved