arrow_upward

HUT Koperasi ke-75, Wujudkan Koperasi Profesional dengan Memanfaatkan Informasi Teknologi

Selasa, 12 Juli 2022 : 17.01

 

Ketua Dekopinwil Sumbar Hendra Irwan Rahim sampaikan amanat dalam upacara peringatan Hari Koperasi ke-75. (ist)

Padang, Analisakini.id-Ketua Dekopinwil Sumatera Barat Hendra Irwan Rahim berharap semua pihak untuk mewujudkan koperasi profesional dengan memanfaatkan informasi teknologi (TI). TI dewasa ini adalah kebutuhan mendesak yang harus dimiliki lembaga/instansi dan organisasi, tak terkecuali koperasi.

"Koperasi sudah terbukti tangguh dan mampu bertahan dari terpaan krisis ekonomi. Ini mempertegas, koperasi bisa mengangkat perekonomian masyarakat dan daerah. Jadi kita semua harus serius membina dan mengembangkan koperasi ke arah profesional," kata Hendra Irwan Rahim, usai memimpin upacara peringatan Hari Koperasi ke-75, Selasa (12/7/2022) di halaman kantor Dekopinwil Sumbar.

Hendra menjelaskan, Gerakan Koperasi Indonesia merayakan hari jadinya yang ke-75 pada 12 Juli tahun ini. Usia yang menandakan kematangan dalam berorganisasi dan kemampuan menjawab berbagai tantangan zaman.

Bahkan tema tahun ini “Menuju Transformasi Digital dan Peran Melinial Membangun Kemandirian Koperasi ” mendorong semua pihak agar selalu berinovasi mewujudkan koperasi yang profesional dengan memanfaatkan informasi teknologi (IT).

"Hal ini sejalan dengan langkah transformasi koperasi yang dikelola secara konvensional menjadi koperasi syari’ah  yang sedang gencar dilaksanakan di Sumatera Barat," jelasnya.

Jadi, dengan semakin berperannya koperasi dalam membangun dan mensejahterakan ekonomi rakyat akan membuat Bapak Koperasi, Bung Hatta tersenyum. 

Hendra juga menyebutkan pemerintah menggelorakan gerakan “Ayo Berkoperasi” yang terhubung dengan Program Gerakan Revolusi Mental, yang bertujuan untuk meningkatkan literasi perkoperasian dan generasi muda tertarik untuk berkoperasi.

"Sebagai agen pembangunan, generasi muda kita harus dibekali dengan pengalaman berusaha serta pembangunan karakter yang berbasis nilai gotong royong dan usaha bersama, yang keseluruhannya akan diperoleh melalui koperasi,' katanya.

Pertama dalam Sejarah

Puncak Hari Koperasi tahun ini yang diadakan Dekopinwil Sumbar, untuk pertama kalinya diwarnai dengan upacara bendera. Biasanya 'numpang' dengan pemerintah dalam kapasitas undangan.

"Rasanya tidak pernah upacara peringatan koperasi di Dekopinwil dilaksanakan. Ini untuk pertama kalinya. Entah kalau saya lupa Sungguh luar biasa pengurus kali. Walau banyak yang memandang upacara peringatan Hari Koperasi tidak bernilai alias hambar, itu anggapan salah. Ini adalah momentum untuk mengangkat nama koperasi," kata Endarmy mantan anggota DPRD Sumbar sekaligus juga mantan Ketua Dekopinda Padang Pariaman. 

Dalam upacara itu, ikut juga pengurus Dekopinda kabupaten/kota dan pengurus koperasi lainnya. (***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved