arrow_upward

Fraksi PAN DPRD Sumbar Sorot Silpa Pecahkan Rekor, Belanja Subsidi Utuh 100 Persen

Jumat, 08 Juli 2022 : 23.55
Ketua Fraksi PAN DPRD Sumbar Muhayatul serahkan pendapat akhir fraksi kepada Suwirpen, pimpinan DPRD Sumbar. (ist).

Padang, Analisakini.id-Fraksi Partai Amanat Nasional DPRD Sumbar menyoroti Silpa APBD 2021 yang sangat besar yaitu Rp485 miliar lebih. Bahkan mungkin pecahkan rekor. Hal ini dapat menimbulkan imej negatif di mata masyarakat Sumbar.

"Tidak hanya itu, belanja subsidi yang dianggarkan Rp3,5 miliar untuk membantu UMKM dan pelaku usaha lainnya sebagai dampak pandemi Covid-19, tapi dalam praktiknya nol persen direalisasikan. Ini keterlaluan di tengah banyak elemen masyarakat lain yang butuh modal usaha dan lainnya," kata Ketua Fraksi PAN DPRD Sumbar Muhayatul yang dihubungi tadi siang, Jumat (8/7/2022).

Mantan Ketua Pemuda Muhammadiyah Sumbar ini dalam rapat paripurna DPRD terhadap Pertanggungjawaban APBD 2021 di ruang sidang utama DPRD Sumbar, Jumat (8/7/2022) juga menyampaikan hal itu dalam pendapat akhir fraksi. Bahkan juga menyinggung soal dana Rajawali yang dialokasikan untuk beasiswa tapi tidak maksimal dilaksanakan.

"Serapannya  sangat rendah dan penerima  manfaat  masih  kecil serta jumlah penerima masih sedikit. Sehingga  dampaknya kepada  pengembangan sumber daya manusia daerah juga belum maksimal.  Oleh  sebab itu,  kami meminta kepada kita semua agar ini menjadi  perhatian  serius pemerintah provinsi," katanya.

Tapi dari  sisi  pendapatan, Fraksi PAN mengapresiasi realisasi PAD 2021 yang  melebihi angka 100%. Ini tentu merupakan capaian yang  baik. Hanya saja menurut Fraksi PAN, pemerintah  daerah  tetap mesti meningkatkan kinerja dalam  hal  peningkaan  PAD ini.  Karena terlampauinya  target PAD di tahun 2021 ini masih besar dipengaruhi oleh masih rendahnya target yang ditetapkan pada saat perencanaan. Dengan demikian, intensifikasi  dan  ekstensifikasi PAD mesti terus dikuatkan. Sehingga  ada  pencapaian  baru dengan target besar yang dibarengi dengan realisasi yang juga besar. (ef)


Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved