arrow_upward

Mendagri Tito Karnavian Pindah ke IKN 1 Januari 202

Rabu, 22 Juni 2022 : 15.39

 

Tito Karnavian.

Jakarta, Analisakini.id-Mendagri Tito Karnavian mengawal pemindahan Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantara ke Kalimantan Timur. Tito bakal pindah ke IKN mulai 1 Januari 2024.

Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro mengatakan saat menghadiri rapat paripurna perayaan HUT DKI Jakarta ke-495 di DPRD DKI Jakarta, Rabu (22/6/2022).

"1 Januari 2024, Insyaallah saya akan memimpin Kemendagri bersama Pak Mendagri Tito pindah Kalimantan," kata Suhajar di DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat seperti dikutip dari detik.com.

Suhajar meminta Jakarta mempersiapkan diri menyandang status baru. Jakarta, kata dia, bukan lagi menjadi pusat pemerintahan dan birokrasi, melainkan pusat bisnis nasional maupun global.

"Dengan tanggalnya statusnya sebagai ibu kota negara secara perlahan status dan karakternya sebagai pusat birokrasi juga akan berkurang, yang memerlukan persiapan dan perencanaan matang," ujarnya.

Suhajar memandang hilangnya status Ibu Kota di Jakarta berpotensi menjadi ancaman hilangnya identitas kota. Dia berharap Jakarta mampu merumuskan visi-misi baru yang menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman usai ibu kota pindah ke Kaltim.

"Untuk itu, diperlukan antisipasi dan persiapan yang matang, yang mengharuskan perumusan karakter kota yang khas dan kuat sejak dini," ujarnya.

Suhajar mengatakan kota-kota dunia yang menjadi pusat bisnis regional dan global cenderung memelihara nilai keterbukaan serta keberagaman. Hal ini, kata dia, bisa memperkuat nilai-nilai lokal yang selama ini dipelihara sekaligus kompatibel dengan nilai-nilai peradaban yang dinamis dan futuristik.

"Adalah sangat baik bila hal ini mendapat penekanan dalam semua aspek perencanaan pemerintahan DKI Jakarta, termasuk dalam komunikasi masyarakat sehingga publik dapat menyiapkan diri bersama-sama dengan pemerintah," terang dia (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved